News
·
8 Mei 2021 18:35

Niat Itikaf dan Amalan Sunnah untuk Menambah Pahala

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Niat Itikaf dan Amalan Sunnah untuk Menambah Pahala (238625)
searchPerbesar
Ilustrasi Itikaf di Masjid. Foto: dok. https://pixabay.com
Di penghujung Ramadhan ini, kebanyakan umat Islam menunaikan berbagai ibadah untuk dapat memperoleh keutamaan malam lailatul qadar yakni salah satu malam yang terdapat dalam sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Salah satu ibadah yang dilakukan adalah itikaf. Dalam menunaikan itikaf, kita perlu memahami tata cara itikaf agar itikaf yang kita kerjakan bernilai sah. Berikut ini adalah niat itikaf agar itikaf sah dan juga sederet amalan sunnah yang dapat ditunaikan.
ADVERTISEMENT

Niat Itikaf dan Serangkaian Sunnah Saat Itikaf

Itikaf merupakan salah satu amalan yang dilakukan Nabi saat menjumpai sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan. Itikaf ini dilakukan dengan melakukan beribadah di dalam Masjid. Pemaparan tentang itikaf juga disebutkan dalam buku berjudul Fikih Empat Madzhab Jilid 2 karya Syaikh Abdurrahman Al-Juzairi (2012:404) yang memaparkan bahwa itikaf adalah berdiam diri di dalam Masjid yang dilakukan dengan tujuan untuk beribadah.
Selama menunaikan itikaf, kita perlu mengetahui apa saja yang dapat kita lakukan saat itikaf, agar itikaf yang kita tunaikan bernilai pahala dan sah di sisi Allah.
Agar itikaf kita sah, kita perlu menunaikan rukun itikaf yang disebutkan dalam buku berjudul Rukun Iman Islam dan Ihsan oleh Agus Setiyanto (2021:108) dijelaskan bahwa rukun Itikaf antara lain niat dalam hati yang tepat untuk beritikaf dan berdiam diri di dalam Masjid.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan rukun itikaf yang disebutkan di atas, kita perlu menunaikan niat itikaf agar itikaf yang kita kerjakan menjadi sah. Berikut ini adalah niat itikaf lengkap dengan latin dan terjemahannya untuk Anda amalkan:

نَوَيْتُ الاِعْتِكَافَ فِي هذَا المَسْجِدِ لِلّهِ تَعَالى

Nawaitul i’tikāfa fī hādzal masjidi lillāhi ta‘ālā.

Artinya: “Saya berniat i’tikaf di masjid ini karena Allah SWT.”
Selama menunaikan itikaf, kita dapat menunaikan berbagai amalan dan kegiatan berpahala untuk meraih keutamaan malam lailatul qadar. Dalam buku berjudul Jejak Ramadhan di Berbagai Negara yang disusun oleh Nurul Asmayani, dkk (2013:114) disebutkan bahwa selama itikaf kita dapat melakukan sholat sunnah, membaca Alquran dan amalan sunnah lainnya seperti doa dan dzikir khusus malam lailatul qadar.
ADVERTISEMENT
Pemaparan mengenai niat itikaf dan juga amalan sunnah yang dapat diamalkan selama itikaf dapat Anda jadikan sebagai pedoman dalam memaksimalkan diri saat itikaf untuk meraih keutamaan malam lailatul qadar.
Semoga kita dapat meraih keutamaan malam lailatul qadar di bulan Ramadhan ini semaksimal mungkin. (DA)