News
·
18 Agustus 2021 17:18
·
waktu baca 3 menit

Niat Sholat Hajat Arab, Latin Serta Tata Cara Pelaksanaannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Niat Sholat Hajat Arab, Latin Serta Tata Cara Pelaksanaannya (59810)
searchPerbesar
Niat sholat hajat agar sholat hajat diterima. Foto: dok. https://unsplash.com/
Menunaikan sholat hajat merupakan cara yang dicontohkan Nabi Muhammad sebagai cara untuk meraih cita-cita dan juga mencapai berbagai keinginan yang kita miliki. Untuk dapat menunaikannya secara sah, berikut ini adalah niat sholat hajat Arab, latin lengkap dengan tata cara pelaksanaannya yang dapat Anda jadikan panduan.
ADVERTISEMENT

Niat Sholat Hajat Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya

Sholat hajat merupakan salah stau sholat sunnah yang dianjurkan Nabi untuk dilakukan sebagai usaha memohon secara khusus atas permintaan terkabulnya cita-cita yang kita miliki. Penjelasan mengenai sholat hajat ini disebutkan dalam buku Tuntunan Praktis Ibadah Sholat yang disusun oleh M. Chozin Machmud (2019:38) yang menyebutkan bahwa sholat hajat adalah shalat sunnah yang dikerjakan dengan maksud khusus memohon kepada Allah mengabulkan hajat, kebutuhan atau keperluan yang kita miliki.
Dalam menunaikan sholat hajat, kita tentu perlu menunaikan niat agar sholat yang kita tunaikan bernilai sah dan pahalanya diterima oleh Allah. Niat sholat hajat ini ditunaikan dengan keteguhan niat dalam hati karena pada hakikatnya niat merupakan pekerjaan hati. Namun umumnya umat Islam merapalkan niat sholat hajat dengan bacaan berikut ini:
ADVERTISEMENT

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

“Usholli sunnatal-haajati rok’atayni lillahi ta’aala”.

Artinya : “Saya berniat sholat sunnah hajat dua rakaat karena Allah Ta'ala”

Selain menunaikan niat, kita juga perlu mengetahui bagaimana tata cara menunaikan sholat hajat yang benar sesuai dengan tuntunan. Sholat hajat dapat kita kerjakan seperti menunaikan sholat sunnah biasa. Waktu sholatnya pun bebas sesuai dengan kemampuan kita. Namun akan lebih baik jika sholat hajat ini dilaksanakan pada sepertiga malam yang akhir.
Niat Sholat Hajat Arab, Latin Serta Tata Cara Pelaksanaannya (59811)
searchPerbesar
Niat sholat hajat agar sholat hajat diterima. Foto: dok. https://unsplash.com/
Anjuran waktu menunaikan sholat hajat tersebut disebutkan dalam buku Menjemput Berkah Lewat: Shalat Hajat yang disusun oleh Abu Khansa Al-Harits (2009:60) yang menyebutkan bahwa sholat hajat dapat dilakukan kapan saja. Akan tetapi, waktu yang terbaik untuk melaksanakan shalat sunnah ini adalah pada sepertiga malam yang akhir sebagai bagian dari sholat malam.
ADVERTISEMENT
Dalam tuntunan menunaikan sholat hajat tak terlepas dari doa yang perlu dipanjatkan selepas sholat hajat. Berikut ini adalah doa khusus yang perlu Anda baca setelah sholat hajat:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil'arsyil-'adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-'aalamiin. As'aluka muujibaati rahmatika wa 'azaa'ima magfiratika wal -'ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada' lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin.

Artinya: "Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Maha Mulia, Maha Suci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang." (H.R Tirmidzi 479)

ADVERTISEMENT
Penjelasan mengenai niat sholat hajat beserta tuntunan menunaikannya dapat Anda jadikan panduan untuk mengamalkan sholat hajat. Jangan lupa untuk menunaikan sholat hajat dan juga ibadah sunnah lainnya secara rutin dan istiqomah agar keinginan kita lebih mudah dikabulkan. (DAP)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020