Nilai-nilai Kepahlawanan dalam Mahabharata yang Penuh Motivasi

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
4 Maret 2024 17:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Nilai-nilai Kepahlawanan dalam Mahabharata, sumber: unsplash/Joanna
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Nilai-nilai Kepahlawanan dalam Mahabharata, sumber: unsplash/Joanna
ADVERTISEMENT
Nilai-nilai kepahlawanan dalam Mahabharata sangat penting untuk direnungkan. Pasalnya, cerita legendaris ini mengandung banyak motivasi yang dapat diterapkan dalam kehidupan.
ADVERTISEMENT
Mahabharata merupakan karya sastra berbentuk epos yang berasal dari india. Nilai-nilai kepahlawanan yang terkandung dalam kisah ini secara tidak langsung dapat memberikan motivasi untuk menjalani hidup dengan heroik.

Nilai-nilai Kepahlawanan dalam Mahabharata

Ilustrasi Nilai-nilai Kepahlawanan dalam Mahabharata, sumber: unsplash/SydWachs
Penggambaran nilai-nilai kepahlawanan dalam Mahabharata dapat dilihat melalui tokoh-tokoh beserta peristiwa yang terjadi. Beberapa nilai-nilai kepahlawanan dalam cerita tersebut antara lain:

1. Kesetiaan (Dharma)

Mengutip buku Menulis Perempuan, Ika Nidaul, dkk (2019), kesetiaan dalam mengemban tugas dan kewajiban merupakan nilai utama dalam Mahabharata. Para pahlawan di cerita Mahabharata memegang prinsip Dharma dengan teguh. Dengan kata lain, mereka menegakkan keadilan dan perbuatan yang benar.

2. Pertemanan dan Solidaritas

Nilai kepahlawanan dalam kisah Mahabarata juga tercermin lewat adegan-adegan persahabatan dan solidaritas. Hal ini ditonjolkan melalui hubungan antartokoh, seperti Kresna dengan Arjuna dan kelompok Pandawa. Mereka bersatu untuk memperjuangkan hak-hak mereka.
ADVERTISEMENT

3. Kesabaran dan Pengendalian Diri

Kepahlawanan dalam Mahabharata dapat dilihat melalui kesabaran para tokoh protagonis. Mereka mampu mengendalikan diri dalam menghadapi berbagai cobaan hidup, sehingga membuahkan hasil yang manis.

4. Pengorbanan

Nilai-nilai kepahlawanan dalam kisah Mahabharata juga dapat dilihat melalui sikap rela berkorban. Pengorbanan ini dilakukan untuk kebaikan semua kalangan, seperti halnya ketika Karna memberikan senjatanya kepada Arjuna untuk melindungi diri.

5. Keberanian

Nilai-nilai kepahlawanan erat kaitannya dengan sikap berani dalam menghadapi peperangan. Contohnya, seperti pertempuran besar di Kurukshetra yang membutuhkan kekuatan fisik dalam menghadapi musuh. Karakter seperti Bhishma dan Arjuna menunjukkan ketabahan dalam medan perang.

6. Keteguhan dan Semangat Pantang Menyerah

Para pahlawan di cerita Mahabharata menunjukkan sikap yang teguh dan pantang menyerah dalam menghadapi konflik kehidupan. Dengan menerapkan sikap tersebut, segala konflik dapat diatasi.
ADVERTISEMENT

7. Kehormatan dan Integritas

Kehormatan dan integritas juga termasuk nilai yang ditekankan dalam Mahabharata. Para pahlawan menjunjung tinggi kejujuran dan kehormatan keluarga sebagai bentuk integritas mereka sebagai pahlawan.
Nilai-nilai kepahlawanan dalam Mahabharata yang dijelaskan di atas dapat dijadikan motivasi untuk diri sendiri. Hal ini menggambarkan bahwa sikap kepahlawanan penuh dengan pesan moral dan etika yang terpuji. (DLA)