Noun: Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi dan Contohnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
1 Maret 2023 17:44 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Noun: Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi dan Contohnya, Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Noun: Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi dan Contohnya, Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Salah satu penggunaan kata dalam bahasa Inggris yang biasa digunakan adalah noun atau kata benda. Apa itu noun? Simak penjelasan mengenai pengertian, jenis, fungsi, dan contohnya di ulasan berikut.
ADVERTISEMENT
Jika mengetahui mengenai kata benda apa yang terlintas dalam pikiranmu? Menurutmu apa sih kata benda tersebut? Mungkin kamu sering menggunakan kata benda dalam menyampaikan sebuah kalimat.
Namun banyak yang tidak mengetahui mengenai kata benda itu sendiri. Noun ini bisa digunakan untuk kata benda yang tidak berwujud juga. Contohnya, seperti perasaan seseorang yang lagi bahagia atau happiness. Agar lebih jelasnya baca artikel ini sampai akhir.

Pengertian Noun

Noun: Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi dan Contohnya, Foto: Unsplash.
Dikutip dari buku English Grammar Hanyalah Peta: Grammar Ibarat Tongkat karya Sunardi S.Pd (2015: 23), Noun adalah semua benda termasuk manusia dan hewan. Noun adalah kata benda dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk mewakili nama orang, benda, hewan, gagasan, dan lain-lain. Oleh karena itu, noun merupakan bagian penting dari sebuah kalimat.
ADVERTISEMENT
Di dalam noun terdapat dua jenis noun utama yaitu abstract noun dan concrete noun. Kemudian concrete noun dibagi kembali menjadi beberapa jenis noun seperti common noun, proper noun, collective noun, material noun, dan compound noun.

Jenis-Jenis Noun

1. Proper Noun dan Common Noun

Proper noun merupakan kata benda secara spesifik yang penulisannya harus pakai kapital. Kata benda dalam Bahasa Inggris ini memiliki sifat bahwa nama-nama orang, tempat dan lainnya adalah khusus bagi dirinya. Proper yang berarti patut menjadikan kunci bahwa noun in ekslusif. Contohnya Michael, New York, Asia, Dog, dan Ballpoint.
Common noun ini merujuk ke hal-hal yang umum. Kata benda dalam Bahasa Inggris ini adalah kata benda yang mewakili jenis benda-benda, tempat, dan lainnya secara umum. Contohnya car, motorcycle, truck, bicyle, dan cell phone.
ADVERTISEMENT

2. Abstract Noun dan Concrete Noun

Abstract noun adalah noun yang tidak diamati oleh panca indera. Dengan kata lain, noun ini bersifat abstrak atau berkonsep kebendaan saja. Noun jenis ini biasanya ditandai dengan akhiran: ace, age, ance, ancy, ion, sion, tion, dom, hood, ice, ism, ment, ness, ship, ity, ty.
Concrete noun adalah noun yang dapat diamati oleh panca indera. Sehingga sifatnya konkret atau merujuk pada suatu benda secara langsung seperti disinggung di muka. Contoh: Book, eraser, bottle, flower, chair, classroom, star, moon, fire, wind.

3. Countable and Uncountable Nouns

Countable noun adalah noun yang dapat dihitung. Ciri-ciri dari noun ini adalah:
– dapat diikuti oleh hitungan 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya,
– dapat diikuti oleh artikel a dan an dalam bentuk tunggal,
ADVERTISEMENT
– dapat ditambah akhiran –s dan –es dalam bentuk jamak.
Uncountable noun adalah noun yang tidak dapat dihitung. Adapun ciri-cirinya berkebalikan dari countable noun, yaitu:
– tidak dapat diikuti oleh hitungan 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya,
– tidak dapat diikuti oleh artikel a dan an (tidak ada bentuk tunggal),
– tidak dapat ditambah –s dan –es (tidak ada bentuk jamak).

4. Mixed Noun

Mixed noun adalah noun yang bisa menjadi countable dan uncoutable, tergantung kondisi atau konteksi di mana ia digunakan. Contoh: I saw a hair on the floor.
(Pada kalimat ini, hair dapat dihitung, ditandai dengan artikel a di depannya.)

5. Collective Nouns

Collective noun adalah noun yang menunjukkan adanya suatu gabungan, baik itu orang, tempat, ataupun benda. Contoh: A pair of sandals (sepasang sandal) dan Two pairs of sandals (dua pasang sandal).
ADVERTISEMENT
Demikianlah penjelasan mengenai apa itu noun. Jadi noun adalah kata benda yang dalam Bahasa Inggris dibagi menjadi beberapa jenis. Kamu dapat mempelajarinya berulangkali sampai paham. Selamat belajar. (Umi)