Pemahaman mengenai Islam sebagai Way of Life (Sistem Hidup)

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
21 November 2023 21:02 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jelaskan Islam Sebagai Way Of Life, Foto: Unsplash/ferlistockphoto.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jelaskan Islam Sebagai Way Of Life, Foto: Unsplash/ferlistockphoto.
ADVERTISEMENT
Islam adalah agama yang diturunkan Allah Swt. kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai pedoman hidup seluruh manusia hingga akhir zaman. Oleh karena itu Islam juga sering disebut sebagai way of life (sistem hidup). Jelaskan Islam sebagai way of life!
ADVERTISEMENT
Way of life atau sering disebut pandangan hidup ini adalah segala kegiatan manusia dilakukan harus sesuai dengan ajaran kegiatan yang dilakukan ini bisa kegiatan di rumah, keluarga, sekolah, hingga ke masyarakat.

Jelaskan Islam sebagai Way of Life!

Ilustrasi Jelaskan Islam Sebagai Way Of Life, Foto: Unsplash/FS-Stock.
Tujuan dalam Islam adalah pembenukan moral dan kerohanian sebuah masayarat. Sehingga Islam disebut sebagai way of life umat muslim. Jelaskan Islam sebagai way of life!
Dikutip dari buku Rasulullah Way of Life, Muhammad Makmun Rasyid (2023), Islam sebagai the way of life merupakan ajaran yang memberikan petunjuk, arah dan aturan-aturan (syariat) pada semua aspek kehidupan manusia guna memperoleh kebahagian di dunia dan akhirat.
Untuk mencapai tujuan suci ini, Allah memberikan petunjuk melalui para rasul-Nya, baik yang meliputi akidah, akhlak, maupun syariah. Dua komponen pertama, akidah dan akhlak, bersifat konstan (tetap).
ADVERTISEMENT
Hal ini diungkapkan dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 48 yang artinya:
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW juga bersabda:
Islam sebagai pandangan hidup (way of life) mempunyai ajaran yang menjamin keselamatan dunia akhirat, bahkan eksistensinya diperadaban manusia sebagai rahmatan lil ‘alamin. Hal ini termanifestasi dalam berbagai bidang kehidupan baik sosial, politik, ekonomi, budaya, pendidikan dan sebagainya.
Demikian uraian jawaban soal jelaskan mengenai Islam sebagai way of life (sistem hidup). Islam adalah agama yang diturunkan Allah Swt. kepada Nabi Muhammad Saw. agar menjadi pedoman hidup umat manusia hingga akhir zaman. (Umi)