Pengertian Aurat dalam Islam dan Dalil yang Membahasnya

Konten dari Pengguna
21 Oktober 2021 18:02
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengertian Aurat dalam Islam dan Dalil yang Membahasnya (14901)
searchPerbesar
Pengertian aurat dalam Islam. Foto: dok. https://pixabay.com/
Dalam ajaran Islam, setiap umat Muslim diarahkan untuk selalu menutup aurat yang dimilikinya. Hal ini tentu wajib hukumnya untuk dilakukan sesuai dengan perintah Allah dan Rasulullah. Apa itu aurat?
ADVERTISEMENT
Untuk mengetahui jawabannya, berikut ini pemaparan lengkap mengenai pengertian aurat dalam Islam lengkap dengan dalil yang membahasnya untuk dipahami umat Muslim.

Pengertian Aurat menurut Ajaran Islam Lengkap dengan Dalilnya

Islam merupakan agama yang mengatur pengikutnya untuk dapat berlaku dan bertindak sesuai dengan perintah Allah dan anjuran yang telah dicontohkan oleh Rasulullah. Salah satu aspek yang diatur dalam Islam adalah menutup aurat yang dimiliki oleh setiap manusia. Apa itu aurat?
Aurat merupakan bagian diri setiap manusia yang tidak boleh tampak pada orang yang tidak berhak melihatnya. Pengertian aurat juga disebutkan secara jelas dalam buku berjudul Syarat Sah Shalat Mazhab Syafi’i 1 yang disusun oleh Galih Maulana, Lc. (2019: 28).
Dalam buku ini menyebutkan bahwa aurat adalah anggota tubuh yang wajib ditutup dan terlarang untuk dilihat baik itu dari laki-laki atau perempuan, baik itu dalam shalat ataupun di luar shalat. Batasan aurat bermacam-macam bergantung pada keadaan. Aurat dimiliki semua manusia baik itu laki-laki maupun perempuan meski batasan auratnya berbeda.
ADVERTISEMENT
Misalnya aurat perempuan yang terdiri dari seluruh tubuh, kecuali beberapa bagian. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam buku berjudul Kitab Lengkap Panduan Shalat yang disusun oleh M. Khalilurrahman Al-Mahfani, Ma, ‎Abdurrahim Hamdi, MA., ‎Zainul Muhlisin (2016:299).
Pengertian Aurat dalam Islam dan Dalil yang Membahasnya (14902)
searchPerbesar
Pembahasan pengertian aurat dalam Islam di berbagai dalil hadis dan Alquran. Foto: dok. https://pixabay.com/
Buku tersebut menuliskan bahwa menurut mazhab Syafi`i, batas aurat wanita adalah seluruh tubuhnya, kecuali wajah dan kedua telapak tangan (dzhahiruhuma wa bathinuhuma). Maksudnya, anggota tubuh yang bukan termasuk aurat adalah wajah dan kedua telapak tangan. Hal ini sesuai dengan salah satu dalil tentang aurat yang berbunyi:

يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ يَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا

Artinya: Wahai Asma! Sesungguhnya wanita jika sudah baligh maka tidak boleh nampak dari anggota badannya kecuali ini dan ini (beliau mengisyaratkan ke muka dan telapak tangan).[HR. Abu Dâwud, no. 4104 dan Al Baihaqi, no. 3218]

ADVERTISEMENT
Aurat tersebut tentu perlu disembunyikan atau ditutup dengan baik. Perintah menutup aurat disebutkan dengan jelas dalam surat Alquran berikut ini:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Artinya: Wahai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang Mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka!” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. dan Allâh adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al Ahzâb:59)

Pemahaman mengenai pengertian aurat menurut Islam dan juga dalil yang membahas tentang pentingnya menutup aurat dapat kita pahami sebagai pengingat diri untuk selalu menjaga aurat kita agar selalu terjaga dari fitnah atau kerusakan baik dunia maupun akhirat. (DAP)
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020