Pengertian Beriman kepada Qodo dan Qodar dalam Rukun Iman

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
7 Mei 2024 20:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jelaskan pengertian beriman kepada qodo dan qodar. Sumber: muhammad amaan/unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jelaskan pengertian beriman kepada qodo dan qodar. Sumber: muhammad amaan/unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam materi rukun iman pada mata pelajaran Agama Islam di sekolah. Seorang siswa harus dapat jelaskan pengertian beriman kepada qodo dan qodar.
ADVERTISEMENT
Rukun iman adalah dasar pembentukan akidah dalam Islam. Dasar keimanan di dalam rukun iman berjumlah enam. Masing-masing meliputi keimanan kepada Allah, para nabi dan rasul, para malaikat, kitab-kitab Allah, hari kiamat, serta qada dan qadar.

Jelaskan Pengertian Beriman kepada Qodo dan Qodar!

Ilustrasi jelaskan pengertian beriman kepada qodo dan qodar. Sumber: abdullah oguk/unsplash
Menjawab pertanyaan, jelaskan pengertian beriman kepada qodo dan qodar. Pengertian beriman kepada qada dan qadar diartikan sebagai seseorang meyakini bahwa segala sesuatu yang telah diputuskan, semua ketetapan dan ketentuan yang berasal dari Allah Swt. adalah benar.
Allah memiliki hak penuh terhadap urusan memutuskan dan menetapkan sesuatu hal kepada para makhluk-Nya. Mengutip buku Panduan Muslim Kaffah Sehari-hari: Dari Kandungan hingga Kematian. Hambali (2017) Tidak satupun makhluk ciptaan-Nya yang dapat ikut campur dalam urusan-Nya.
ADVERTISEMENT
Beriman kepada qada dan qadar adalah rukun keenam dari rukun iman. Dengan beriman kepada qada dan qadar Allah, seseorang akan senantiasa berperilaku positif.
Perilaku positif tersebut adalah perwujudan keimanan terhadap qada dan qadar Allah. Ada beberapa manfaat yang dapat seorang muslim peroleh dan wujudkan dalam perilaku sehari-hari, diantaranya:
ADVERTISEMENT
Demikian uraian jawaban dari pertanyaan yang meminta untuk jelaskan pengertian beriman kepada qodo dan qodar. Semoga umat muslim dapat menjadikan qada dan qadar dasar pembentukan akidah dalam Islam. (ARD)