Pengertian Catur Guru pada Masing-Masing Bagiannya dalam Agama Hindu

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
18 Mei 2024 19:02 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengertian Catur Guru. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Fares
zoom-in-whitePerbesar
Pengertian Catur Guru. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Fares
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pengertian catur guru adalah empat guru yang harus dihormati. Guru tersebut meliputi. Guru Swadyaya (Tuhan), Guru Wisesa (Pemimpin atau Pemerintah), Guru Pengajian (Guru di sekolah), dan Guru Rupaka (Orang tua).
ADVERTISEMENT
Konsep ini berasal dari tradisi Hindu dan sering diimplementasikan dalam budaya Bali. Masing-masing memiliki peran dan fungsi yang berbeda namun saling melengkapi dalam pembentukan karakter dan moral individu.

Pengertian Catur Guru pada Masing-Masing Bagiannya

Pengertian Catur Guru. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Mesh
Pengertian catur guru adalah konsep yang mengajarkan pentingnya menghormati empat jenis guru yang memiliki peran signifikan dalam kehidupan seseorang. Keempat guru tersebut adalah Guru Swadyaya, Guru Wisesa, Guru Pengajian, dan Guru Rupaka.
Dikutip dari buku Pendidikan Agama Hindu, Dewa Artana (2017 : 60), menghormati catur guru tidak hanya membentuk individu yang berkarakter baik. Namun, juga menciptakan harmoni dalam masyarakat.
Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, manusia dapat membangun hubungan yang harmonis dengan Tuhan, pemimpin, guru, dan orang tua. Pada akhirnya akan membawa kebaikan bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah penjelasan dari masing-masing bagiannya.
ADVERTISEMENT
Pengertian catur guru adalah empat guru yang harus dihormati. Catur guru mencerminkan nilai-nilai luhur yang mengajarkan tentang rasa hormat, kepatuhan, dan penghargaan kepada ia yang berperan penting dalam kehidupan manusia. (Gin)