Pengertian Cerita Rakyat, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
26 Februari 2024 21:06 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pengertian Cerita Rakyat. Sumber: Pexels/Mikhail Nilov
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengertian Cerita Rakyat. Sumber: Pexels/Mikhail Nilov
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pengertian cerita rakyat adalah suatu cerita yang berasal dari masa lampau dan diperkenalkan kepada generasi-generasi berikutnya. Terdapat banyak cerita rakyat yang dimiliki oleh Indonesia.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah legenda Malin Kundang. Selain menceritakan tentang legenda, ada lagi jenis-jenis cerita rakyat yang diceritakan secara turun temurun.

Pengertian Cerita Rakyat dan Fungsinya

Ilustrasi Pengertian Cerita Rakyat. Sumber: Pexels/Mikhail Nilov
Dikutip dari buku Cerita Rakyat Nusantara 34 Provinsi, Ayu, (2015), cerita rakyat merupakan warisan kebudayaan bangsa yang telah turun temurun diceritakan oleh masyarakat.
Pengertian cerita rakyat lainnya adalah cerita yang asalnya dari masyarakat zaman dahulu dan berkembang secara luas melalui mulut ke mulut.
Cerita rakyat merupakan salah satu warisan budaya yang perlu dilestarikan. Sayangnya sangat sulit untuk mencari tahu pengarang dari cerita rakyat tersebut. Hal itu karena cerita rakyat diceritakan secara lisan.
Cerita rakyat menceritakan banyak hal. Bahkan beberapa di antaranya membawa unsur lokal suatu daerah. Sehingga dipercaya oleh masyarakat sekitar.
ADVERTISEMENT
Cerita rakyat berfungsi untuk mewariskan nilai dan budaya luhur kepada masyarakat. Selain itu, masih ada fungsi cerita rakyat lainnya sebagai berikut.

1. Fungsi Pendidikan

Fungsi cerita rakyat yang pertama adalah pendidikan. Cerita rakyat dapat memberikan amanat maupun pesan kepada pembaca dan pendengar. Hal itu karena cerita rakyat mengandung nilai moral yang bisa dijadikan pembelajaran.

2. Fungsi Hiburan

Cerita rakyat memiliki fungsi hiburan. Ada banyak cerita rakyat yang menarik dan jenaka. Sehingga cerita rakyat tersebut dapat menjadi sarana hiburan untuk masyarakat.

3. Fungsi Sosial dan Budaya

Fungsi yang terakhir adalah sosial dan budaya. Ada banyak cerita rakyat yang mengandung nilai etika dan moral. Nilai-nilai tersebut dapat dijadikan pedoman untuk masyarakat.

Jenis-Jenis Cerita Rakyat

Ilustrasi Pengertian Cerita Rakyat. Sumber: Pexels/Mikhail Nilov
Terdapat tiga jenis cerita rakyat. Berikut jenis-jenis cerita rakyat yang wajib diketahui.
ADVERTISEMENT

1. Legenda

Legenda merupakan cerita yang dianggap pernah benar-benar terjadi. Tokoh yang ada dalam cerita legenda adalah manusia. Namun tak jarang tokoh tersebut dianugerahi kekuatan yang luar biasa dan sering kali dibantu oleh makhluk-makhluk yang ajaib.

2. Dongeng

Dongeng merupakan prosa yang dianggap benar-benar terjadi oleh para penyair. Cerita dongeng ini tidak memiliki keterkaitan dengan tempat atau waktu dengan dunia saat ini.

3. Mitos

Mitos adalah cerita yang berkaitan dengan kepercayaan masyarakat. Biasanya mitos mengacu kepada kepercayaan mengenai karakter yang memiliki kemampuan supranatural maupun cerita tentang dewa serta dewi.
Jadi pengertian cerita rakyat adalah cerita yang diturunkan secara turun temurun dan disampaikan secara lisan. Cerita rakyat termasuk salah satu warisan budaya. Sehingga masyarakat Indonesia harus melestarikannya. (FAR)
ADVERTISEMENT