Pengertian dan Arti Warna Lilac Menurut Ilmu Psikologi

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
21 Juli 2022 19:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara mengubah bahasa di Twitter, sumber foto: (Alice Inari) by unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mengubah bahasa di Twitter, sumber foto: (Alice Inari) by unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Beberapa tahun terakhir ini, warna lilac menjadi warna yang populer dalam dunia fashion. Arti warna lilac cukup unik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta warna ungu. Memang, lilac adalah turunan dari warna ungu yang cukup cantik untuk diterapkan di segala desain. Dalam dunia psikologi, warna lilac memiliki makna tersendiri yang dapat menggambarkan karakter dari penyukanya.
ADVERTISEMENT
Bahkan, warna ini juga identik dengan salah satu boy band kenamaan Korea Selatan, sebut saja BTS. Pasalnya, logo BTS memiliki nuansa lilac yang terlihat lembut dan manis. Agar lebih memahami karakteristik warna lilac, simak pengertian dan artinya di artikel ini.

Pengertian Warna Lilac

Warna lilac adalah salah satu warna turunan dari ungu. Warna ini berasal dari campuran warna merah muda dan ungu muda, sehingga menghasilkan warna yang lembut dan feminine.
Mengutip buku Kamar Tidur Pilihan oleh Imelda Akmal, dkk (2005), arti warna lilac sering diasosiasikan sebagai warna bunga lavender karena menimbulkan kesan tenang saat dilihat.
Menurut ilmu psikologi, warna Lilac merupakan simbol masa depan. Warna ini dinamakan lilac karena berasal dari nama bunga yang sama, yakni bunga lilac. Bunga ini mempunyai warna lain, yakni biru dan putih.
ADVERTISEMENT

Arti Warna Lilac Menurut Psikologi

Berikut adalah beberapa arti warna lilac menurut psikologi:

1. Warna yang Sensual

Ilustrasi cara mengubah bahasa di Twitter, sumber foto: (Tanaphong) by unsplash.com
Warna lilac menampakkan keterikatan manusia pada segala hal, baik kepada manusia maupun kepada gaya hidup. Oleh karena itu, pecinta lilac memiliki sensualitas yang cukup serius. Seorang pria yang menyukai warna lilac dinilai menyukai fantasi. Mereka adalah pemimpi yang tenang dan optimis.

2. Cocok Digunakan untuk Interior yang Tidak Ramai

Warna lilac lebih cocok digunakan pada ruangan yang sepi dan tidak dihuni oleh banyak orang. Misalnya kamar tidur atau kamar mandi. Hal ini karena warna lilac lebih menekankan pada aspek ketenangan dan kenyamanan.

3. Warna yang Feminin untuk Pakaian

Lilac tergolong sebagai warna yang misterius, tetapi juga kreatif. Di satu sisi, warna ini juga menonjolkan kesan feminine dan anggun yang mampu meningkatkan rasa percaya diri penggunanya.
ADVERTISEMENT
Arti warna lilac muda yang telah dijelaskan di atas semoga dapat menambah wawasan kamu seputar fashion dalam kaca mata psikologi. Pastinya, warna ini akan terus berkembang dan menjadi indikator penciptaan warna-warna inovatif di masa depan. (DLA)