Pengertian dan Contoh Sumber Energi Tak Terbarukan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
19 Oktober 2023 17:28 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jelaskan mengenai sumber energi tak terbarukan. Sumber: pexels/janrune smenes reite
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jelaskan mengenai sumber energi tak terbarukan. Sumber: pexels/janrune smenes reite
ADVERTISEMENT
Energi adalah kemampuan atau kapasitas untuk melakukan usaha. Sumber energi terbagi menjadi energi terbarukan dan energi tak terbarukan. Jika disuruh jelaskan mengenai sumber energi tak terbarukan maka tak perlu bingung.
ADVERTISEMENT
Energi tak terbarukan adalah energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang proses pembentukannya sampai jutaan tahun. Disebut tak terbarukan karena apabila energi tersebut habis, akan memerlukan waktu yang sangat lama untuk menggantikannya.

Mengenal Sumber Energi Tak Terbarukan

Ilustrasi jelaskan mengenai sumber energi tak terbarukan. Sumber: pexels/pixabay
Kehidupan manusia sangat bergantung pada energi. Ada banyak hal yang memerlukan sumber energi, seperti penerangan, memasak, mencuci, transportasi, komunikasi, menjalankan pekerjaan, dan lainnya. Tanpa energi, semua kegiatan tersebut sulit dilakukan.
Energi telah digunakan sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Pada masa prasejarah, kayu merupakan sumber energi terpenting bagi masyarakat. Kayu berperan sebagai sumber energi yang dimanfaatkan untuk kegiatan memasak, menerangi, dan memanaskan.
Pada sekitar abad 13, sumber energi dari fosil yaitu batu bara dimanfaatkan manusia. Namun, pemanfaatannya masih sebatas untuk memasak dan pemanasan. Baru kemudian batu bara mulai dikenal lebih luas pada abad 18. Pada masa itu ditemukan mesin uap yang menggunakan batu bara sebagai sumber energinya.
ADVERTISEMENT
Kayu dan batu bara adalah dua klasifikasi sumber energi yang berbeda. Mengutip buku Energi Terbarukan, Hamdi (2016), klasifikasi atau pengelompokan sumber energi berdasarkan cadangan (jumlah) yang tersedia di alam dan kapasitas regenerasinya adalah sumber energi tak terbarukan (non-renewable energy source) dan sumber energi terbarukan (renewable energy source).
Kayu masuk dalam kategori sumber energi terbarukan, sedangkan batu bara masuk dalam kategori sumber energi tak terbarukan. Energi yang paling banyak digunakan oleh manusia adalah justru energi tak terbarukan.
Jika ada pertanyaan jelaskan mengenai sumber energi tak terbarukan, para ilmuwan sepakat bahwa pengertian energi tak terbarukan adalah sumber energi yang jumlahnya sangat terbatas di bumi. Sumber energi ini tidak dapat diperbarui lagi jika telah habis.
ADVERTISEMENT
Contoh sumber energi tak terbarukan dijelaskan sebagai berikut:

1. Batu Bara

Batu bara merupakan salah satu sumber energi yang penting dalam kehidupan karena dapat menghasilkan energi dengan jumlah besar dan relatif murah. Baru bara adalah mineral organik yang dapat terbakar dan terbentuk dari sisa tumbuhan purba yang mengendap. Selanjutnya berubah bentuk akibat proses fisika dan kimia yang berlangsung selama jutaan tahun.

2. Minyak Bumi

Minyak bumi adalah salah satu sumber energi utama yang banyak digunakan di berbagai negara di dunia sebagai bahan bakar. Kebutuhan bahan bakar selalu meningkat seiring dengan penggunaannya di bidang industri maupun transportasi.

3. Gas Alam

Gas alam memasok lebih dari 20 persen kebutuhan energi di seluruh dunia. Gas alam disebut juga sebagai gas bumi atau gas rawa. Gas alam juga merupakan bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana (CH4).
ADVERTISEMENT
Demikian uraian jawaban jika ada instruksi untuk jelaskan mengenai sumber energi tak terbarukan beserta contoh. Semoga sumber energi di dunia dapat terus ditemukan agar kehidupan dapat berjalan seperti biasanya.
(ARD)