Pengertian dan Fungsi Proses Instalasi

Konten dari Pengguna
29 Agustus 2022 22:21
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
https://unsplash.com/@ilyapavlov - yang dimaksud dengan proses installasi adalah
zoom-in-whitePerbesar
https://unsplash.com/@ilyapavlov - yang dimaksud dengan proses installasi adalah
ADVERTISEMENT
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang dimaksud dengan proses installasi adalah perangkat peralatan teknik beserta perleng-kapannya yang dipasang pada posisinya dan siap dipergunakan (generator, mesin diesel, bangunan pabrik, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT

Pengertian dan Fungsi Proses Instalasi

Dari arti dan makna tadi, dapat dijelaskan pula bahwa yang dimaksud dengan proses installasi adalah proses memasang, menyatukan, dan mengkontruksi sejumlah benda yang dianggap bisa merujuk pada suatu konteks kesadaran makna tertentu, sehingga sistem tersebut dapat berjalan dan anda dapat menggunakannya untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.
Pengertian proses instalasi bukan hanya berkaitan dengan komputer atau jaringan. Instalasi juga merupakan suatu hal yang wajar dilakukan dalam karya seni.
https://unsplash.com/@thisisengineering
zoom-in-whitePerbesar
https://unsplash.com/@thisisengineering

Contoh Proses Instalasi

Berikut beberapa contoh proses instalasi yang sering dilakukan.
Instalasi pada Sistem Komputer, yang merupakan pemasangan perangkat lunak pada sistem computer.
Instalasi Sistem Operasi, yaitu pemasangan sistem operasi pada sistem computer. Umumnya, sistem operasi dipasang terlebih dahulu daripada perangkat lunak lainnya. Dengan kata lain, perangkat lunak atau software lain baru bisa dijalankan setelah sistem operasi terinstal dengan benar.
ADVERTISEMENT
Instalasi Listrik, yaitu sebuah perangkat yang dipergunakan untuk mengalirkan energi listrik dari sumber listrik ke berbagai alat elektronik yang memerlukan listrik. Meskipun PLN menyediakan sumber listrik untuk disalurkan ke rumah-rumah, tetapi Anda sebagai pemilik rumah harus tetap mempersiapkan dan memasang instalasi listrik sendiri.
Instalasi Seni Rupa, yaitu karya seni yang dibuat dengan menyusun, merakit, dan memasangkan berbagai media seni, baik dua dimensi maupun tiga dimensi sehingga membentuk satu kesatuan. Berbeda dengan seni lukis atau seni patung yang tinggal dipajang, seni instalasi harus dipasang dan disusun terlebih dahulu karena memang terdiri dari banyak komponen.

Fungsi Instalasi

Dari berbagai contoh di atas, fungsi proses instalasi pada dasarny disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis instalasinya masing-masing.
ADVERTISEMENT
Bisa disimpulkan bahwa fungsi instalasi adalah:
  1. Untuk menyatukan berbagai komponen menjadi suatu sistem
  2. Untuk memasang atau menambahkan beberapa fitur khusus pada suatu sistem
  3. Untuk menambahkan nilai guna dari sebuah sistem yang sudah ada.
Demikian penjelasan mengenai yang dimaksud dengan proses installasi adalah pemasangan sistem operasi. Semoga informasi tadi bermanfaat. (DNR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·