News
·
23 Februari 2021 16:26

Pengertian dan Manfaat Sholat Witir yang Sayang untuk Dilewatkan

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Pengertian dan Manfaat Sholat Witir yang Sayang untuk Dilewatkan (65112)
Ilustrasi Sholat, sumber: Freepik
Manfaat Sholat witir bukan hanya bisa didapatkan saat bulan Ramadhan saja, tapi juga setiap hari. Karena shalat witir adalah shalat yang dikerjakan secara ganjil sebagai penutup shalat malam, dikerjakan menurut kemampuan masing-masing; boleh dengan satu rakaat, tiga rakaat, lima rakaat, tujuh rakaat, sembilan rakaat, atau sebelas rakaat untuk meraih cinta Allah Subhanahu Wata’ala. (Shabri Shaleh Anwar, Tuntunan Shalat Sunnah Tarawih: Tata cara bilal Tarawih, Witir dan ayat-ayat Pilihan, halaman 14)
ADVERTISEMENT
Banyak orang Indonesia beranggapan, bahwa shalat witir merupakan bagian dari shalat tarawih yang hanya bisa dikerjakan saat bulan Ramadhan saja. Namun pada faktanya, sholat witir dapat dikerjakan setiap malam, tanpa memandang bulan Hijriyah.
Pelaksanaan shalat witir dapat dilakukan dari selepas Isya hingga menjelang Subuh. Sebagaimana hadits Rasulullah, Dari Jabir RA, dia berkata, “Rasululllah saw bersabda, ‘Barangsiapa khawatir tidak bisa bangun diakhir malam, maka hendaknya melakukan shalat witir diawal malam (sesudah shalat Isya), dan barangsiapa yakin akan bangun diakhir malam, maka hendaknya melakukan shalat witir diakhir malam, karena shalat witir diakhir malam itu mendapat penyaksian dan lebih utama”. (HR. Muslim)
Hukum shalat witir yaitu sunnah muakad. Namun apabila ingin mengikuti jejak Nabi Muhammad, maka kerjakanlah setiap malam, karena Nabi Muhammad tidak pernah meninggalkan shalat witir dalam kondisi apapun.
ADVERTISEMENT

Manfaat Sholat Witir

1. Sebagai Shalat Tambahan
Manfaat melaksanakan shalat witir itu berarti kita menambah pahala sholat yang sudah dikerjakan. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Ahmad
إِنَّ اللهَ زَادَكُمْ صَلاَةً، وَهِيَ الْوِتْرُ، فَصَلُّوْهَا فِيْمَا بَيْنَ صَلاَةِ الْعِشَاءِ إِلَى صَلاَةِ الْفَجْرِ
Artinya : Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberi kalian tambahan shalat, yaitu shalat Witir, maka shalat Witirlah kalian antara waktu shalat ‘Isya’ hingga shalat Shubuh.’” [HR. Ahmad]
2. Sebagai Penyempurna Shalat Malam
Seperti yang telah diketahui, shalat witir merupakan shalat penutup pada malam hari. Maka sempurnakanlah qiyamul lail dengan mengerjakan shalat witir.
3. Dicintai Oleh Allah Subhanahu Wata’ala
Sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad, “Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan shalat Witir, maka shalat Witirlah, wahai para ahli al-Qur-an.”
ADVERTISEMENT
4. Shalat Witir Disaksikan Malaikat
Shalat malam menjadi salah satu cara untuk bermunajat pada Allah Subhanahu Wata’ala. Sholat yang dikerjakan di sepertiga malam juga disaksikan oleh para malaikat. Maka dari itu, apabila kita melaksanakan sholat witir pada malam hari, malaikat akan turut menyaksikan dan mendoakan kita pada Allah Subhanahu Wata’ala.
5. Diberi Kekuatan Oleh Allah
Seseorang yang senantiasa menjaga witirnya setiap malam, niscaya akan diberikannya kekuatan dalam menghadapi cobaan dan doanya akan didengar oleh Allah Subhanahu Wata’ala.
Ambillah manfaat sholat witir untuk keberkahan hidup dan dilancarkannya segala urusan dunia maupun akhirat.(DWA)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white