Pengertian dan Syarat dalam Suatu Pengetahuan

Konten dari Pengguna
24 November 2022 23:27
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Syarat dalam Suatu Pengetahuan dalam Ilmu Pengetahuan. (Foto: Inaki Del Olmo | Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Syarat dalam Suatu Pengetahuan dalam Ilmu Pengetahuan. (Foto: Inaki Del Olmo | Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
Manusia dapat hidup menggunakan berbagai teknologi karena adanya ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan merupakan suatu hal yang luas. Jika tidak ada ilmu pengetahuan, maka penemuan dan juga penelitian tidak akan dapat dijalani.
ADVERTISEMENT
Adanya ilmu pengetahuan dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun untuk orang lain. Maka dari itu, ilmu pengetahuan sangatlah penting untuk kehidupan. Namun, ternyata terdapat syarat dalam suatu pengetahuan. Apakah saja syaratnya? Simak ulasan berikut ini.

Syarat Pengetahuan dalam Ilmu Pengetahuan

Ilustrasi Apa Syarat dalam Suatu Pengetahuan. (Foto: Luke Tanis | Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Apa Syarat dalam Suatu Pengetahuan. (Foto: Luke Tanis | Unsplash.com)
Ilmu pengetahuan sudah ada sejak zaman dahulu. Berbagai tokoh berlomba-lomba untuk memperdalam dan meningkatkan ilmu pengetahuan. Lalu apa yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan?
Pengertian ilmu pengetahuan adalah seperangkat informasi yang sebelumnya telah dikaji oleh para ahli dalam berbagai bidang. Agar dapat menjadi ilmu pengetahuan, suatu informasi harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Apa saja syarat dari suatu pengetahuan?
Mengutip buku dengan judul Dasar Filsafat Ilmu karya Suhardi dan Zamroni (2021:59), syarat-syarat yang dimaksud adalah objek material dan objek formal.
ADVERTISEMENT

1. Bersifat Universal

Syarat pertama dalam ilmu pengetahuan adalah bersifat universal. Maksudnya adalah kebenaran yang diungkapkan dalam sebuah ilmu bersifat umum dan bukan khusus. Sebagai contoh, ilmu matematika yang ada di suatu negara pasti sama dengan ilmu matematika yang ada di dunia. Berarti suatu ilmu di manapun berlaku sama.

2. Tersusun Secara Sistematis

Suatu informasi dapat disebut sebagai ilmu pengetahuan jika tersusun secara sistematis. Informasi dalam ilmu pengetahuan harus tersusun secara rasional, teratur, logis, serta bergantung satu dengan yang lain. Sebab, kebenaran pada ilmu pengetahuan harus diuji dengan fakta-fakta yang terdapat pada ilmu pengetahuan yang lain.

3. Memiliki Metode

Setiap informasi jika ingin termasuk ke dalam ilmu pengetahuan maka harus memiliki metode ilmiah untuk mengkaji suatu objek. Metode ilmiah dalam ilmu pengetahuan berupa suatu kerangka dalam mencari kebenaran.
ADVERTISEMENT

4. Bersifat Objektif

Tidak dapat dikatakan sebagai ilmu pengetahuan, jika informasi tidak bersifat objektif. Setiap ilmu pengetahuan harus memiliki objek material atau objek formal yang tampak di luar dan di dalam.
Suatu objek dalam ilmu pengetahuan harus dikaji sesuai dengan fakta. Objek tidak boleh dikaji menurut pendapat pribadi atau bersifat subjektif.
Itulah syarat dalam suatu pengetahuan agar dapat disebut sebagai ilmu pengetahuan. Jika tidak memenuhi syarat-syarat di atas, maka tidak dapat dikatakan sebagai ilmu pengetahuan. Semoga artikel ini bermanfaat ya! (FAR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·