Pengertian Mukjizat dalam Islam serta Ciri dan Macamnya

Konten dari Pengguna
25 November 2022 22:00
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Perkara Luar Biasa yang Diberikan Allah SWT kepada Nabi dan Rasul disebut Mukjizat (Foto: Mataq Darul Ulum | Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perkara Luar Biasa yang Diberikan Allah SWT kepada Nabi dan Rasul disebut Mukjizat (Foto: Mataq Darul Ulum | Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
Perkara luar biasa yang diberikan Allah SWT kepada Nabi dan Rasul disebut mukjizat. Apa pengertian mukjizat? Kalian pasti pernah bertanya-tanya tentang hal ini. Selain pengertian, ada juga ciri-ciri dan macam mukjizat yang belum diketahui oleh semua orang. Simak artikel ini untuk lebih memahami tentang mukjizat dalam Islam.
ADVERTISEMENT

Pengertian Mukjizat

Ilustrasi Pengertian Mukjizat dalam Islam (Foto: Masjid Maba | Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengertian Mukjizat dalam Islam (Foto: Masjid Maba | Unsplash.com)
Dikutip dari Kumpulan Hadis Shahih 300 Mukjizat Muhammad SAW oleh Azimabadi (2005), mukjizat adalah peristiwa luar biasa yang disebabkan oleh pelaku supernatural (bukan alam/mahkluk), Allah Sang Maha Kuasa.
Mukjizat telah menjadi bagian integral dalam kehidupan para Nabi. Allah Sang Maha Kuasa menganugerahi para nabi mukjizat sebagai tanda bagi kenabian mereka. Beberapa nabi seperti Nabi Daud, Nabi Sulaiman, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, dan Nabi Isa dianugerahi mukjizat yang sangat terkenal.
Keistimewaan mukjizat tertulis dalam Surat Ali-Imran ayat 49:

“(Allah akan menjadikannya) sebagai seorang Rasul kepada Bani Israil. (Isa Berkata,) “Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan tanda (mukjizat) dari tuhanmu, sesungguhnya aku membuatkan bagimu (sesuatu) dari tanah yang berbentuk seperti burung. Lalu, aku meniupnya sehingga menjadi seekor burung dengan izin Allah. Aku orang yang berpenyakit buras (belang). Aku menghidupkan orang-orang mati dengan izin Allah. Aku beritahukan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kerasulan) bagimu, jika kamu orang-orang mukmin.” (Q.S Ali-Imran: 49)

ADVERTISEMENT

Ciri-Ciri Mukjizat

Berikut ini adalah ciri-ciri mukjizat yang wajib kalian ketahui:
  • Berasal dari Allah SWT
  • Merupakan kejadian yang luar biasa
  • Merupakan kejadian yang tidak dapat dinalar dengan akal manusia
  • Mukjizat terjadi kepada Nabi dan Rasul
  • Terjadi secara tiba-tiba
  • Mukjizat berguna untuk melemahkan hujjah atau sanggahan kepada orang kafir yang mengingkarinya

Macam Mukjizat

Mukjizat dibagi menjadi empat macam atau jenis sebagai berikut:
  1. Mukjizat hissiyah. Merupakan mukjizat yang bisa dilihat, disentuh dan dirasakan. Mukjizat hissiyah ini sifatnya tidak kekal. Maksudnya adalah mukjizat ini hanya berlaku pada masa-masa nabi tertentu saja.
  2. Mukjizat maknawiyah. Merupakan mukjizat yang tidak bisa dirasakan, didengar, dilihat, atau disentuh secara langsung. Mukjizat ini hanya bisa dimengerti dan dikenal oleh orang yang memiliki perasaan yang halus, pikiran sehat dan budi luhur. Contohnya adalah Al-Quran. Al-Qur’an adalah kitab suci yang dijamin kemurnian isinya oleh Allah SWT sampai akhir zaman.
  3. Mukjizat syakhsiyyah. Merupakan mukjizat yang keluar dari tubuh Rasul atau Nabi. Contohnya adalah air yang keluar dari celah-celah jari Rasulullah SAW, Nabi Isa yang bisa menyembuhkan penyakit kusta dan buta, dan sebagainya.
  4. Mukjizat salbiyyah. Merupakan mukjizat yang akan membuat sesuatu tidak berdaya. Contohnya adalah pada kisah Nabi Ibrahim yang dibakar oleh Raja Namrud. Pada saat itu api tidak bisa membakar tubuh Nabi Ibrahim, bahkan api tersebut berubah menjadi dingin.
ADVERTISEMENT
Sekian penjelasan singkat mengenai pengertian, ciri-ciri dan macam mukjizat yang perlu kalian ketahui dan pahami. (KRIS)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·