Pengertian Pembangunan Nasional beserta Contohnya dalam Kajian Ekonomi

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
5 Mei 2023 19:41 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jelaskan pengertian pembangunan nasional, sumber foto (Sebastian Hermann) by unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jelaskan pengertian pembangunan nasional, sumber foto (Sebastian Hermann) by unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jelaskan pengertian pembangunan nasional beserta contohnya! Pembangunan nasional merupakan suatu bentuk pengamalan Pancasila dalam segala aspek kehidupan. Hal ini juga berlaku dalam aspek ekonomi untuk pemerataan kesejahteraan masyarakat.
ADVERTISEMENT
Pembangunan itu sendiri merupakan proses perubahan yang berlangsung secara terus-menerus yang berdasarkan pada nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat. Pengertian dan contoh pembangunan nasional perlu diketahui agar dapat mengimplementasikannya di dunia nyata.

Pengertian Pembangunan Nasional

Ilustrasi Jelaskan pengertian pembangunan nasional, sumber foto (Luis J.) by unsplash.com
Jelaskan pengertian pembangunan nasional! Mengutip buku Pembangunan Nasional oleh Heliarta (2020), pembangunan nasional merupakan pembangunan yang dilakukan dari, oleh, dan untuk rakyat. Pembangunan ini diterapkan pada segala aspek kehidupan, baik itu pilitik, sosial budaya, pertahanan, dan ekonomi.
Dengan begitu, maka dapat dipahami bahwa makna pembangunan ini lebih mengarah pada pembentukan potensi, daya kreasi, dan keahlian dari setiap masyarakat untuk menuju perubahan yang lebih baik.

Contoh Pembangunan Nasional

Ilustrasi Jelaskan Pengertian Pembangunan Nasional, Sumber Unsplash-Emmanuel Appiah
Pembangunan nasional salah satunya diimplementasikan dalam bidang ekonomi. Beberapa contoh penerapannya yaitu sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Pengertian pembangunan nasional beserta contohnya yang dibahas di atas dapat memberikan gambaran untuk masyarakat tentang betapa pentingnya suatu pembangunan. Pemerintah dan masyarakat harus saling bersinergi untuk mewujudkan Indonesia yang lebih unggul dan maju di berbagai sektor, tidak terkecuali bidang ekonomi. (DLA)