Pengertian, Penyebab, serta Antonim Deforestasi

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
2 Februari 2023 17:56 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi antonim dari deforestasi. Foto: Unsplash/Mel Poole
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi antonim dari deforestasi. Foto: Unsplash/Mel Poole
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Antonim adalah salah satu materi bahasa Indonesia dalam mempelajari kata atau frasa yang berlainan atau berlawanan. Maka tak mengherankan jika materi ini membuat kita perlu mengetahui suatu kata dan lawannya. Misalnya saja antonim deforsestasi.
ADVERTISEMENT
Menjadi kata yang jarang digunakan, tak mengherankan jika kata ini cukup menyulitkan banyak orang. Maka dari itu, pada ulasan ini akan menjelaskan lawan dari kata deforsestasi.

Pengertian, Penyebab, serta Antonim Deforestasi

Ilustrasi deforestasi. Foto: Unsplash/Souro Souvik
Dikutip dari buku Kesehatan Lingkungan dan Lingkungan Hidup oleh Nur Ayini S. Lalu, S.KM., M.Kes., dkk (2022: 224), pengertian deforestasi adalah proses penebangan hutan alam dengan cara menebang kayu atau mengubah fungsi penggunaan lahan hutan.
Dalam perspektif ilmu kehutanan, deforestasi diartikan sebagai suatu keadaan di mana tutupan hutan hilang dan atribut-atributnya berimplikasi pada hilangnya struktur dan fungsi hutan itu sendiri.
Makna tersebut diperkuat dengan definisi deforestasi yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhutanan Republik Indonesia No. P.30/MenhutII/2009 tentang Tata Cara Penurunan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi Hutan (REDD) yang secara tegas menyatakan bahwa deforestasi adalah perubahan permanen dari kawasan hutan menjadi kawasan tidak berhutan yang disebabkan oleh aktivitas manusia.
ADVERTISEMENT

Penyebab Deforestasi

Banyak penyebab dari deforestasi pada di era saat ini, di antaranya:
Meskipun terdapat banyak penyebab dari terjadinya deforestasi, namun yang sering menjadi penyebab utama permasalahan ini adalah globalisasi.

Dampak Deforestasi

Sebagai perilaku yang buruk, deforestasi memiliki dampak yang berbahaya, baik untuk manusia maupun makhluk lainnya. misalnya saja resapan air menjadi berkurang. Sehingga air hujan terus mengalir ke permukaan yang dapat menyebabkan erosi, banjir, dan tanah longsor.
Selain itu, erosi tersebut membuat tanah kehilangan kesuburan. Hal ini dapat terjadi karena air hujan mencuci tanah secara terus menerus.

Antonim Deforestasi

Setelah mengetahui pengertian dan penyebab dari deforestasi, kita dapat mengetahui bahwa istilah ini merujuk pada penggundulan hutan. Sehingga antonim atau lawan kata deforestasi adalah:
ADVERTISEMENT
Itulah penjelasan mengenai pengertian, penyebab, dan antonim dari deforestasi. Dengan mengetahui pengertian dan penyebabnya, kita dapat berhati-hati atau menegur orang yang melakukan deforestasi. Sehingga tidak merusak ekosistem lingkungan.(MZM)