Pengertian Pleonasme dan Contohnya dalam Bahasa Indonesia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
17 April 2024 17:59 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pleonasme adalah - Sumber: pexels.com/@snapwire/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pleonasme adalah - Sumber: pexels.com/@snapwire/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pleonasme adalah salah satu jenis majas yang ada di dalam bahasa Indonesia. Dalam percakapan sehari-hari, banyak orang sering menggunakan kalimat tanpa menyadari struktur di dalamnya. Salah satu fenomena yang cukup menarik dalam bahasa adalah pleonasme.
ADVERTISEMENT
Pleonasme menjadi buksi bahwa bahasa Indonesia memang sangat kaya. Bukan hanya dari kosakatanya, tapi juga dari struktur, elemen pembangun, dan berbagai jenis majas yang ada.

Pleonasme adalah Majas untuk Kalimat yang Berlebihan

Ilustrasi pleonasme adalah - Sumber: pixabay.com/geralt
Pleonasme berasal dari bahasa Yunani pleonasmus yang berarti lebih. Maksudnya adalah adanya penggunaan kata-kata tambahan yang sebenarnya tidak menambahkan informasi penting kepada kalimat.
Dalam konteks bahasa Indonesia, pleonasme biasanya terjadi ketika dua kata atau lebih yang digunakan bersamaan memiliki makna yang serupa. Padahal sebenarnya satu kata saja sudah cukup untuk mengungkapkan maksud tersebut.
Berdasarkan buku Ultralengkap Peribahasa Indonesia, Majas, Plus Pantun, Puisi, dan Kata Baku Bahasa Indonesia, Nur Indah Sholikhati, (2019), pengertian pleonasme adalah penggunaan kata-kata yang tidak perlu dalam mengulangi arti atau informasi yang sama, sehingga terjadi pengulangan yang redundant atau berlebihan.
ADVERTISEMENT
Walaupun terdengar tidak efisien, pleonasme seringkali digunakan dalam percakapan sehari-hari. Fungsinya adalah untuk memberikan penekanan atau hanya sebagai kebiasaan berbicara.
Agar lebih mudah untuk dipahami, berikut adalah beberapa contoh majas pleonasme:
ADVERTISEMENT
Pleonasme adalah majas yang sering dianggap sebagai kesalahan gaya bahasa karena menjadikan kalimat kurang efisien dan bertele-tele. Tapi, dalam beberapa kasus, pleonasme digunakan untuk memberikan efek tertentu seperti penekanan atau ekspresi emosional. (DNR)