Pengertian Surga menurut Bahasa dan 5 Macam Kenikmatan dalam Surga

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
9 Agustus 2023 19:40 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pengertian surga menurut bahasa dan 5 macam kenikmatan dalam surga, sumber foto: unsplash.com/orva studio
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengertian surga menurut bahasa dan 5 macam kenikmatan dalam surga, sumber foto: unsplash.com/orva studio
ADVERTISEMENT
Bagi umat Islam surga merupakan tujuan akhir setelah kehidupan di dunia selesai. Lalu sebenarnya apa pengertian surga menurut bahasa dan 5 macam kenikmatan dalam surga seperti apa yang dijanjikan oleh Allah SWT?
ADVERTISEMENT
Surga merupakan tempat yang diperuntukan bagi umat muslim yang selalu tunduk kepada perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangannya. Tidak mudah untuk masuk surga, karena harus menjadi orang yang beriman dan taat pada Allah SWT.

Pengertian Surga Menurut Bahasa dan 5 Macam Kenikmatan dalam Surga yang Dijanjikan Allah SWT

Ilustrasi pengertian surga menurut bahasa dan 5 macam kenikmatan dalam surga, sumber foto: unsplash.com/Ali Burhan
Dikutip dari buku Surga dan Neraka: Menurut Al-Quran dan As-Sunnah, Ummar Sulaiman al-Asyqar, (2019), dalam bahasa Arab surga berasal dari kata al-jannah yang artinya adalah kebun.
Sementara itu secara istilah surga dapat diartikan sebagai tempat yang penuh dengan kebahagiaan dan kedamaian yang abadi. Para penghuni surga akan hidup selamanya dalam kebahagiaan dan kebebasan dari segala penderitaan dan kesulitan.
Hal tersebut telah disampaikan langsung oleh Allah SWT melalui firmannya dalam Surat Al-Kahfi ayat 107 yang artinya adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, bagi mereka surga Firdaus menjadi tempat tinggal.” (QS. Al-Kahfi: 107)
Gambaran mengenai surga juga sudah disampaikan oleh Allah SWT melalui surat Ar-Rad ayat 35, yang artinya sebagai berikut:
“Perumpamaan jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa adalah seperti taman mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti, sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir adalah neraka.” (QS.Ar-Ra'd: 35)
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian surga menurut bahasa adalah al-jannah atau taman. Sementara itu 5 kenikmatan dalam surga yang sudah dijanjikan oleh Allah SWT adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Itulah pembahasan mengenai pengertian surga menurut bahasa dan 5 kenikmatan dalam surga yang dijanjikan oleh Allah SWT. (WWN)