Pengertian Teori Efektivitas dan Aspek Pemicunya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
1 Mei 2023 17:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi efektivitas adalah, sumber foto: Engin Akyurt/Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi efektivitas adalah, sumber foto: Engin Akyurt/Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Istilah efektivitas tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kalian, istilah ini sering digunakan dalam kegiatan maupun percakapan sehari-hari. Efektivitas adalah sesuatu yang berhasil dilakukan dengan baik.
ADVERTISEMENT
Jika kalian ingin mengetahui pembahasan mengenai efektivitas lebih jauh. Kalian bisa menyimak ulasan mengenai mengenai teori efektivitas berikut ini.

Pengertian Efektivitas adalah Sebagai Berikut

Ilustrasi efektivitas adalah, sumber foto: Kevin Malik/Pexels.com
Agar kalian bisa memahami teori efektivitas dengan baik, maka harus dimulai dengan melihat pengertiannya lebih dulu. Kata efektivitas sendiri berasa dari bahasa Inggris yaitu effective yang artinya berhasil atau sesuatu yang sukses dilakukan.
Sementara itu dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia Online (https://kbbi.web.id/) arti efektivitas adalah keefektifan.
Dikutip dari Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan karya Ns. Roymond H. Simamora, (EGC) dijelaskan bahwa pengertian efektivitas adalah tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan atau sasaran.
Efektivitas sesungguhnya merupakan suatu konsep yang lebih luas yang mencakup berbagai faktor di dalam maupun luar diri seseorang. Dengan demikian efektivitas tidak hanya dapat dilihat dari sisi produktivitas, tetapi juga dapat dilihat dari sisi persepsi atau sikap individu.
ADVERTISEMENT
Efektivitas adalah suatu konsep yang sangat penting, karena mampu memberikan gambaran mengenai keberhasilan seseorang dalam mencapai sasaran atau tujuan atau tingkat pencapaian tujuan.

Faktor Pemicu Efektivitas

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan ada beberapa faktor yang memicu efektivitas, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Karakteristik Organisasi

Jadi faktor pemicu yang pertama dari efektivitas adalah karakteristik organisasi. Ketika organisasi atau perusahaan memiliki karakter yang baik dan mendukung untuk orang-orang di dalamnya maka akan menjadi pemicu efektivitas.

2. Lingkungan Organisasi

Faktor pemicu kedua dari efektivitas adalah faktor lingkungan. Lingkungan sendiri terdiri dari dua yaitu lingkungan eksternal dan lingkungan internal. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap tingkat efektivitas dalam sebuah organisasi atau perusahaan.
ADVERTISEMENT

3. Karakteristik Karyawan

Faktor ketiga yang mempengaruhi efektivitas dalam perusahaan atau organisasi adalah karakter dari karyawan itu sendiri. Ketika karyawan yang ada dalam perusahaan punya karakteristik yang baik dan mendukung maka akan tercipta efektivitas yang baik.
Demikian adalah pembahasan mengenai teori efektivitas dan juga faktor yang memicu efektivitas dalam perusahaan atau organisasi. (WWN)