Penjelasan dan Pengertian Algoritma dalam Ilmu Matematika

Konten dari Pengguna
25 November 2022 18:59
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pengertian algoritma dan contohnya, sumber foto Markus Spiske on Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengertian algoritma dan contohnya, sumber foto Markus Spiske on Unsplash
ADVERTISEMENT
Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan kata algoritma, kata tersebut sering dikatakan ketika membahas terkait dengan matematika komputer dan media sosial. Algoritma sendiri merupakan suatu materi yang sangat erat hubungannya dengan materi lainnya baik dalam mata pelajaran matematika maupun komputer. Pada artikel kali ini akan diulas terkait dengan pengertian algoritma dan contohnya.
ADVERTISEMENT

Pengertian Algoritma

Ilustrasi pengertian algoritma dan contohnya, sumber foto Dan Cristian Pădureț on Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengertian algoritma dan contohnya, sumber foto Dan Cristian Pădureț on Unsplash
Dikutip dari buku Algoritma dan Pemrograman karya Lamhot Sitorus, (Penerbit Andi) dijelaskan bahwa pengertian algoritma berasal dari kata Al Khawarizmi yang terdapat di buku abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al-Kwarizmi yang merupakan ahli matematika dari Persia.
Selain itu dalam beberapa beberapa buku dijelaskan bahwa Algoritma adalah susunan langkah penyelesaian suatu masalah secara sistematik dan logis. Sementara itu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa algoritma adalah prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas dan urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah.
Algoritma sendiri memiliki lima ciri utama yang saling berhubungan satu sama lainnya, berikut adalah ciri-ciri algoritma:
  1. Ada Input, yaitu permasalahan yang dihadapi dan akan dicarikan solusinya. Algoritma memiliki nilai nol atau lebih input (masukan).
  2. Ada Proses, yaitu langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan akhir.
  3. Ada Output, yaitu solusi atau tampilan akhir yang didapatkan dari suatu algoritma. Algoritma memiliki minimal satu output.
  4. Ada intruksi-intruksi yang jelas dan tidak ambigu, yaitu instruksi yang jelas dalam algoritma sehingga tidak terjadi kesalahan dalam menghasilkan output.
  5. Ada tujuan akhir yang dicapai, yaitu akhir dari program dimana program akan berhenti ketika tujuan akhir telah tercapai.
ADVERTISEMENT

Contoh Algoritma

Sebenarnya jika berbicara mengenai algoritma maka tidak hanya berbicara mengenai ilmu komputer dan matematika saja. Contoh sederhana dari penerapan algoritma dalam kehidupan sehari-hari adalah menentukan bilangan ganjil dan genap merupakan contoh penggunaan ilmu algoritma.
Selain itu, membuat kopi instan dengan urutan dari membuka kemasan sampai kopi instan siap dinikmati merupakan bagian dari contoh algoritma sederhana.
Jadi dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa algoritma adalah prosedur untuk menyelesaikan suatu masalah baik dalam ilmu komputer, matematika atau bahkan dalam kehidupan sehari-hari. (WWN)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·