Penjelasan Kitab Catur Weda Samhita dan Rsi Penyusunnya dalam Ajaran Hindu

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
18 Mei 2024 20:06 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Catur Weda Samhita dan Rsi Penyusunnya. Sumber: Unsplash/Sam Huijbregts
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Catur Weda Samhita dan Rsi Penyusunnya. Sumber: Unsplash/Sam Huijbregts
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Indonesia sangat kaya akan budaya, suku, dan agama. Salah satu agama yang ada di tanah air yaitu Hindu. Umat Hindu menggunakan Catur Weda Samhita sebagai pedoman menjalankan kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, Catur Weda dan Rsi penyusunnya wajib diketahui oleh umat Hindu.
ADVERTISEMENT
Catur Weda Samhita terdiri dari empat bagian, yaitu Rig Weda, Sama Weda Samhita, Yajur Weda, dan Atharwa Weda. Terdapat beberapa Rsi penyusun bagian kitab Catur Weda.

Mengenal Kitab Catur Weda Samhita dan Rsi Penyusunnya dalam Agama Hindu

Ilustrasi Catur Weda Samhita dan Rsi Penyusunnya. Sumber: Unsplash/Polina Kuzovkova
Catur Weda Samhita merupakan bagian dari kitab Weda dalam agama Hindu. Secara etimologi, istilah Weda berasal dari bahasa Sansekerta Vid yang artinya adalah mengetahui atau pengetahuan.
Kitab Weda diwahyukan dalam waktu yang lama. Kitab tersebut diwahyukan lewat Rsi. Weda memiliki beragam bentuk. Jika dilihat dari penerimaan wahyunya, Weda terbagi menjadi dua, yaitu Weda Sruti dan Weda Smerti. Berikut penjelasan Weda Sruti atau Catur Weda Samhita dan Rsi Penyusunnya yang wajib diketahui serta dipahami.
ADVERTISEMENT

1. Rig Weda atau Rig Samhita

Dikutip dari buku Sejarah Terlengkap Agama-Agama di Dunia, Imron (2015), Rig Weda merupakan wahyu yang paling pertama diturunkan sehingga merupakan Weda yang tertua. Rig memiliki arti memuji.
Terdapat sosok yang menyusun Rig Weda. Maharsi Wyasa menugaskan Maharsi Pulaha untuk menyusun Rig Weda. Rig Weda isinya adalah nyanyian pujian yang terdiri dari 10.552 mantra dan terbagi menjadi sepuluh mandala.
Salah satu contoh upacara terbesar Rig Weda adalah upacara korban Soma. Dalam Rig Weda, tidak ada upacara kelahiran. Namun memiliki upacara Wiweha atau perkawinan dan kremasi orang-orang yang telah meninggal dunia.

2. Sama Weda Samhita

Sama Weda Samhita adalah kitab yang berisi kumpulan mantra. Selain itu juga memuat ajaran tentang lagu pujaan. Sama Weda Samhita terdiri dari 1.875 mantra yang hampir seluruh isinya diambil dari Rig Weda. Sama Weda Samhita ini disusun oleh Rsi Jaimini.
ADVERTISEMENT

3. Yajur Weda

Yajur Weda Samhita merupakan kitab yang isinya terdiri dari mantra berbentuk prosa. Isi prosa tersebut berupa rapal dan doa yang berasal dari Rig Weda. dalam Yajur Weda, terdapat 1.975 mantra. Yajur Weda dihimpun atau disusun oleh Rsi Waisampayana.

4. Atharwa Weda Samhita

Atharwa Weda Samhita merupakan kumpulan mantra yang memuat ajaran-ajaran bersifat magis. Terdapat 5.987 mantra berbentuk prosa yang berasal dari Rig Weda. isinya adalah doa untuk kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk mengusir roh jahat, kesembuhan penyakit, mencelakakan musuh, dan lain sebagainya. Atharwa Weda Samhita disusun oleh Rsi Sumantu.
Demikian penjelasan Catur Weda Samhita dan Rsi penyusunnya dalam agama Hindu. Perbanyak membaca buku agar dapat lebih memahami Catur Weda Samhita, ragam bentuk Weda lainnya, dan mengenal para Rsi penyusunnya. (FAR)
ADVERTISEMENT