Penjelasan Mengenai Batas Sebelah Barat Negara Arab

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
10 Februari 2023 18:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi batas sebelah barat negara Arab adalah Teluk Aqabah dan Laut Merah, sumber foto Arsalan Cheema on Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi batas sebelah barat negara Arab adalah Teluk Aqabah dan Laut Merah, sumber foto Arsalan Cheema on Unsplash
ADVERTISEMENT
Arab Saudi merupakan salah satu negara yang berada di kawasan timur tengah. Arab Saudi menjadi salah satu negara yang cukup terkenal di dunia karena merupakan negara dengan ekonomi yang kuat. Batas sebelah barat negara Arab adalah Teluk Aqabah dan Laut Merah, lalu seperti apa batas-batas wilayah negara Arab Saudi? Simak penjelasannya berikut ini.
ADVERTISEMENT

Letak Astronomis Arab Saudi

Ilustrasi batas sebelah barat negara Arab adalah Teluk Aqabah dan Laut Merah, sumber foto Godwin Bephin on Unsplash
Jika membahas mengenai batas-batas suatu negara maka lebih baik kita lihat dulu letak astronomisnya. Dikutip dari buku Ringkasan Pengetahuan Sosial karya Rachmat, (Grasindo) dijelaskan bahwa Arab Saudi terletak di 15°LU – 32° LS dan 34° BT – 57° BT.
Arab Saudi dilalui oleh garis lintang 0° atau garis khatulistiwa karena terdapat lintang utara dan lintang selatan. Kemudian karena wilayah bujurnya hanya bujur timur maka Arab Saudi ini tidak dilalui oleh garis bujur 0° atau garis meridian.
Letak astronomis tersebut membuat Arab Saudi memiliki iklim tropis dengan sebagian wilayahnya memiliki iklim subtropis.

Batas Sebelah Barat Negara Arab Adalah Teluk Aqabah dan Laut Merah

Setelah mengetahui letak astronomisnya maka selanjutnya mari kita lihat letak geografisnya. Arab Saudi sendiri terletak di kawasan Asia Barat dengan bentuknya yang berupa semenanjung.
ADVERTISEMENT
Negara ini terkenal akan gurun pasirnya yang luas dan banyak. Untuk batas-batas dari negara Arab Saudi kebanyakan adalah berupa negara-negara tetangga, namun ada pula yang berbatasan langsung dengan alam. Adapun batas-batas tersebut antara lain sebagai berikut:
Setelah mengetahui letak astronomis dan geografisnya, mari kita lihat terkait dengan ekonomi dari Arab Saudi. Perihal ekonomi negara ini berbasis pada sektor energi, dengan sektor minyak dan gas menyumbang sekitar 80 persen dari pendapatan negara.
Secara keseluruhan, Arab Saudi adalah negara yang kaya dan penting di dunia Jazirah Arab yang memegang peran penting dalam sejarah, budaya, dan agama terutama agama Islam.
ADVERTISEMENT
Walaupun negara ini memiliki beberapa masalah sosial dan politik, ia tetap menjadi tujuan wisata yang menarik bagi banyak orang dan merupakan negara yang sangat penting bagi dunia.
Demikian adalah pembahasan mengenai letak astronomis dan perbatasan Arab Saudi dengan negara di sekitarnya hingga kondisi ekonominya. (WWN)