Penyebab Bau Tidak Sedap dan Penyakit di Sekitar Organ Reproduksi

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
12 Februari 2024 21:33 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apa yang Menimbulkan Bau Tidak Sedap dan Penyakit di Sekitar Organ Reproduksi? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Towfiqu barbhuiya
zoom-in-whitePerbesar
Apa yang Menimbulkan Bau Tidak Sedap dan Penyakit di Sekitar Organ Reproduksi? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Towfiqu barbhuiya
ADVERTISEMENT
Bau tidak sedap di sekitar organ tubuh, khususnya reproduksi bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang perlu diatasi. Lalu apa yang menimbulkan bau tidak sedap dan penyakit di sekitar organ reproduksi?
ADVERTISEMENT
Dalam medis ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan kondisi tersebut. Mulai dari tidak menjaga kebersihan, masalah hormon hingga infeksi jamur atau bakteri.

Apa yang Menimbulkan Bau Tidak Sedap dan Penyakit di Sekitar Organ Reproduksi? Ini Penyebabnya

Apa yang Menimbulkan Bau Tidak Sedap dan Penyakit di Sekitar Organ Reproduksi? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Towfiqu barbhuiya
Dikutip dari buku Infeksi Menular Seksual karya Abrori dkk., (2017) organ reproduksi merupakan salah satu organ tubuh yang sangat sensitif dan juga sangat penting. Selain itu juga membutuhkan perawatan yang ekstra.
Lantas, apa yang menimbulkan bau tidak sedap dan penyakit di sekitar organ reproduksi? Berikut penjelasannya.

1. Kebersihan yang Kurang

Salah satu penyebab paling umum dari bau tidak sedap adalah kebersihan yang kurang. Jika organ reproduksi tidak dibersihkan secara rutin dan benar, maka bakteri, jamur, dan kotoran bisa menumpuk dan menyebabkan bau.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan organ reproduksi dengan cara mencuci dengan air bersih dan sabun yang lembut, mengganti pakaian dalam setiap hari, dan menghindari penggunaan produk beraroma atau berbahan kimia di sekitar organ reproduksi.

2. Infeksi

Infeksi adalah penyebab lain dari bau tidak sedap di sekitar organ reproduksi. Infeksi bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, virus, atau parasit yang menyerang organ reproduksi atau saluran kemih.
Beberapa contoh infeksi yang bisa menyebabkan bau tidak sedap adalah infeksi saluran kemih (ISK), vaginosis bakterialis (VB), kandidiasis (keputihan), trikomoniasis, gonore, klamidia, dan sifilis.

3. Gangguan Hormonal

Gangguan hormonal juga bisa mempengaruhi bau di sekitar organ reproduksi. Hormon yang berperan dalam hal ini adalah estrogen dan progesteron, yang mengatur siklus menstruasi dan kelembaban vagina.
ADVERTISEMENT
Jika kadar hormon ini tidak seimbang, maka bisa menyebabkan perubahan pH vagina, yang membuatnya lebih rentan terhadap infeksi dan bau tidak sedap.
Gangguan hormonal bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres, obat-obatan tertentu, kehamilan, menopause, atau kondisi medis seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau hipotiroidisme.

4. Makanan atau Minuman Tertentu

Makanan atau minuman tertentu juga bisa mempengaruhi bau di sekitar organ reproduksi. Hal ini karena makanan atau minuman tersebut bisa mempengaruhi keseimbangan bakteri baik dan buruk di dalam tubuh, termasuk di sekitar organ reproduksi.
Itulah penjelasan mengenai jawaban dari pertanyaan apa yang menimbulkan bau tidak sedap dan penyakit di sekitar organ reproduksi. Bau tidak sedap bukanlah hal yang sepele karena bisa mengganggu kenyamanan dan kepercayaan diri, serta menunjukkan adanya masalah kesehatan. (WWN)
ADVERTISEMENT