Penyelesaian dan Pemecahan Suatu Masalah Sistem Komputer secara Berurutan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
21 Juni 2024 17:21 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk penyelesaian dan pemecahan suatu masalah sistem komputer secara berurutan. Sumber: pexels.com/Cottonbro Studio
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk penyelesaian dan pemecahan suatu masalah sistem komputer secara berurutan. Sumber: pexels.com/Cottonbro Studio
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penyelesaian dan pemecahan suatu masalah sistem komputer secara berurutan adalah algoritma. Algoritma adalah istilah yang sering didengar dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya di media sosial, konten yang muncul sering kali sesuai dengan algoritma.
ADVERTISEMENT
Algoritma tidak hanya ditemukan di komputer. Algoritma juga berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saat memasak, ada langkah-langkah yang harus dilakukan secara bertahap agar masakannya berhasil.

Pengertian Penyelesaian dan Pemecahan Suatu Masalah Sistem Komputer secara Berurutan

Ilustrasi untuk penyelesaian dan pemecahan suatu masalah sistem komputer secara berurutan. Sumber: pexels.com/Mikhail Nilov
Penyelesaian dan pemecahan suatu masalah sistem komputer secara berurutan disebut dengan algoritma. Menurut buku Algoritma dan Pemrograman Jilid 1, Mulyadi Rusli dan Ezrifal Sany (2023: 4), algoritma adalah urutan logis pengambilan keputusan dalam pemecahan masalah.
Dalam bidang komputer, algoritma sangat diperlukan untuk menyelesaikan berbagai masalah pemrograman, terutama dalam komputasi numeris.
Tanpa algoritma yang dirancang baik, proses pemrograman akan mengalamai kesalahan, kerusakan atau lambat dan tidak efisien. Pelaksana algoritma adalah komputer.
Manusia dan komputer berkomunikasi dengan cara memberikan perintah-perintah pada komputer berupa instruksi yang disebut sebagai program. Alat yang digunakan dalam membuat program disebut bahasa pemrograman.
ADVERTISEMENT
Ada berbagai macam bahasa pemrograman, yaitu C, C++, Pascal, Basic, Fortran, Cobol, Java, C#, Basica, dan OOP serta bahasa pemrograman lainnya. Cara memberikan instruksi setiap bahasa pemrograman berbeda-beda, tetapi outputnya sama.

Kriteria dan Jenis Algoritma

Ilustrasi untuk penyelesaian dan pemecahan suatu masalah sistem komputer secara berurutan. Sumber: pexels.com/Lukas
Dalam melakukan pemrograman, penting untuk mengetahui kriteria algoritma. Berikut ini kriteria dan jenis algoritma.

1. Kriteria Algoritma

Kriteria Algoritma menurut Donald E. Knuth:

2. Jenis Proses Algoritma

ADVERTISEMENT
Penyelesaian dan pemecahan suatu masalah sistem komputer secara berurutan disebut sebagai algoritma. Dalam melakukan pemrograman, kriteria dan jenis-jenis algoritma harus diperhatikan.(IND)