Konten dari Pengguna

Perbedaan Brosur dan Selebaran sebagai Media Komunikasi

Berita Terkini
Penulis kumparan
9 November 2023 23:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apa Perbedaan Brosur dan Selebaran, Sumber Unsplash Imattsmart
zoom-in-whitePerbesar
Apa Perbedaan Brosur dan Selebaran, Sumber Unsplash Imattsmart
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Brosur dan selebaran merupakan contoh media komunikasi dalam bentuk tulisan. Keduanya pun sering digunakan untuk memberi informasi atau mempromosikan sesuatu. Lantas, apa perbedaan brosur dan selebaran?
ADVERTISEMENT
Sekilas brosur dan selebaran mempunyai tampilan yang sama. Bagaimanapun juga, kedua contoh media ini mempunyai perbedaan yang bisa dipelajari.

Perbedaan Brosur dan Selebaran

Apa Perbedaan Brosur dan Selebaran, Sumber Unsplash Erika Giraud
Komunikasi merupakan proses untuk menyampaikan informasi atau pesan. Proses ini bisa dibedakan menjadi dua macam. Salah satunya adalah tertulis. Komunikasi tertulis ini memerlukan media agar pesan atau informasi tersebut bisa tersampaikan.
Contoh media komunikasi tertulis adalah brosur dan selebaran. Tak hanya menyampaikan informasi atau pesan saja, brosur dan selebaran juga bisa digunakan untuk mempromosikan suatu produk barang maupun layanan jasa.
Jadi, apa perbedaan brosur dan selebaran? Berikut penjelasannya.

1. Brosur

Menurut buku Desain Grafis: Teori dan Praktek dengan CorelDRAW X7, Tonni Limbong, M. Kom, dkk (2022: 245), pengertian brosur adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Brosur bisa mempunyai beragam bentuk dan ukuran yang dapat disesuaikan oleh kebutuhan. Ada brosur yang hanya mempunyai satu halaman saja hingga buklet berisi beberapa halaman. Brosur juga bisa dilipat.
Desain brosur sering dibuat semenarik mungkin agar sasaran mau membacanya. Selain itu, brosur kerap dicetak dengan biaya lebih mahal karena memiliki desain hingga informasi yang cukup lengkap.

2. Selebaran

Selebaran juga merupakan alat publikasi yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan dengan bentuk cetakan. Namun informasi pada selebaran biasanya lebih ringkas dan sederhana sehingga tak serinci brosur.
ADVERTISEMENT
Lalu, selebaran cenderung mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada brosur. Selain itu, selebaran juga umumnya tidak dilipat. Desainnya pun cenderung lebih sederhana daripada selebaran. Oleh sebab beragam sifatnya inilah umumnya selebaran membutuhkan biaya cetak lebih rendah daripada brosur
Kesimpulannya, perbedaan brosur dan selebaran terdapat pada tingkat kompleksitasnya. Brosur memiliki desain yang lebih menarik dan informasi lebih rinci. Namun selebaran mempunyai desain dan informasi yang lebih sederhana. (LOV)