Perbedaan Mendasar antara Khotbah Idul Fitri dengan Khotbah Jumat

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
21 April 2023 17:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Khotbah Idul Fitri. Sumber: Pexels.com/Chattrapal (Shitij) Singh
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Khotbah Idul Fitri. Sumber: Pexels.com/Chattrapal (Shitij) Singh
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sesaat lagi, hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah akan tiba. Artinya, umat Islam akan melaksanakan salat Id dan mendengarkan khotbah Idul Fitri. Layaknya khotbah dalam ajaran Islam, khotbah Idul Fitri pun memuat pesan tentang ketakwaan kepada Allah SWT.
ADVERTISEMENT
Namun, khotbah Idul Fitri mempunyai perbedaan yang mendasar dengan khotbah Jumat. Apa perbedaannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Perbedaan antara Khotbah Idul Fitri dengan Khotbah Jumat

Ilustrasi Salat Idul Fitri. Sumber: Pexels.com/Didno Didno
Perbedaan mendasar antara khotbah Idul Fitri dengan khotbah Jumat adalah hari pelaksanaannya. Khotbah Idul Fitri dilaksanakan pada saat hari raya Idul Fitri, sedangkan khotbah Jumat dilaksanakan pada hari Jumat, yakni salat Jumat.
Lantas bagaimana jika Idul Fitri berlangsung pada hari Jumat? Jawabannya adalah tidak masalah. Pasalnya, khotbah Idul Fitri dan khotbah Jumat itu tetap berbeda. Khotbah Idul Fitri dilakukan ketika selesai salat Idul Fitri, sedangkan khotbah Jumat dilaksanakan ketika akan salat Jumat.
Tim Duta (2018: 92) dalam buku yang berjudul Pasti Bisa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA/MA Kelas XI menjelaskan,
ADVERTISEMENT
Jadi, jelas bahwa khotbah Idul Fitri dan khotbah Jumat adalah dua khotbah yang berbeda waktu pelaksanaannya. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak khotbah pada hari raya Idul Fitri pada hari lebaran nanti.
Ketika melaksanakan salat Idul Fitri, sebaiknya dengarkan dulu khotbah sebelum beranjak meninggalkan masjid. Kemudian, ketika melaksanakan salat Jumat, sebaiknya segera datang sebelum khatib memulai khotbah Jumat. Wallahu a’lam bish-shawab.

Manfaat Mendengarkan Khotbah

Ilustrasi Khotbah Hari Raya Idul Fitri. Sumber: Pexels.com/Alena Darmel
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari kata khotbah adalah pidato (terutama yang menguraikan ajaran agama). Demikian dapat dipahami bahwa khotbah dalam ajaran Islam merupakan pidato yang menguraikan ajaran agama Islam. Oleh sebab itu, mendengarkan khotbah mempunyai berbagai manfaat, antara lain:
ADVERTISEMENT
Sekian uraian tentang khotbah kali ini. Bila memungkinkan dan tidak memiliki halangan, sebaiknya kita sebagai umat Islam melaksanakan salat dan mendengarkan khotbah Idul Fitri.
Semoga Allah menerima amal ibadah kita di bulan suci Ramadhan tahun ini dan mempertemukan kembali kita sekeluarga dengan bulan Ramadhan tahun depan. Aamiin Ya Rabbal Alamin. (AA)