Perbedaan Pamflet dan Brosur dalam Dunia Periklanan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
12 Agustus 2023 21:49 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi perbedaan pamflet dan brosur adalah, sumber foto: unsplash.com/Jo San Diego
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perbedaan pamflet dan brosur adalah, sumber foto: unsplash.com/Jo San Diego
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pamflet dan brosur merupakan media yang bisa digunakan untuk melakukan promosi barang maupun jasa. Perbedaan pamflet dan brosur adalah terletak pada ukurannya.
ADVERTISEMENT
Karena secara umum tujuan dari pamflet dan brosur dalam dunia periklanan hampir sama. Yaitu sama-sama untuk memberikan informasi mengenai produk atau jasa kepada konsumen.

Perbedaan Pamflet dan Brosur Adalah Sebagai Berikut

Ilustrasi perbedaan pamflet dan brosur adalah, sumber foto: unsplash.com/Jo San Diego
Agar bisa memberikan pamflet dan brosur maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat pengertiannya lebih dulu. Dikutip dari buku Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication karya Freddy Rangkuti, (Gramedia) dijelaskan pengertian keduanya adalah sebagai berikut.
Pamflet adalah media promosi berbentuk selebaran yang isinya tidak hanya tulisan, namun seringkali dilengkapi dengan gambar yang menarik. Pamflet berfungsi untuk memberi informasi, edukasi, maupun untuk memasarkan suatu produk atau jasa.
Pamflet juga sering disebut selebaran oleh sebagian besar masyarakat. Isi dari pamflet biasanya terfokus pada suatu hal yang singkat dan juga padat.
ADVERTISEMENT
Sedangkan brosur adalah sebuah media promosi cetak atau publikasi yang berisi informasi mengenai suatu produk, program, layanan, atau jasa. Pada umumnya brosur berisi informasi mengenai detail produk atau jasa yang dipasarkan.
Pamflet dan brosur memiliki tujuan yang hampir sama, namun pada dasarnya kedua media ini memiliki tujuan yang berbeda.
Pamflet memiliki beberapa tujuan seperti untuk mempromosikan produk atau jasa dari suatu perusahaan, memberikan edukasi atau pelajaran kepada pembaca, dan untuk menarik perhatian orang yang membaca pamflet itu sendiri.
Sementara itu, brosur memiliki tujuan sebagai media informatif yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada pembaca, sehingga dapat mengedukasi pembaca dan menambah pengetahuan pembaca mengenai jenis produk, harga, dan bahan baku dari produk yang dipasarkan.
ADVERTISEMENT
Berikut ini adalah beberapa jenis dari pamflet dan juga brosur yang biasa digunakan dalam dunia periklanan.

1. Jenis-jenis Pamflet

2. Jenis-jenis Brosur:

Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan pamflet dan brosur adalah bentuknya saja. Karena secara umum tujuannya hampir sama yaitu untuk media untuk promosi barang dan jasa. (WWN)