Peristiwa yang Menjadi Latar Belakang Ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
12 Februari 2024 21:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Peristiwa Apa yang Menjadi Latar Belakang Ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional? Jelaskan alasannya!, Sumber Unsplash James Tiono
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Peristiwa Apa yang Menjadi Latar Belakang Ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional? Jelaskan alasannya!, Sumber Unsplash James Tiono
ADVERTISEMENT
Hari Kebangkitan Nasional penting di Indonsia. Hal ini disebabkan hari tersebut ialah tonggak bangkitnya bangsa Indonesia melawan penjajah. Lantas, peristiwa apa yang menjadi latar belakang ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional? Jelaskan alasannya!
ADVERTISEMENT
Jadi, Hari Kebangkitan Nasional ditetapkan berdasarkan berdirinya organisasi Budi Utomo. Hal ini tak terlepas dari menariknya sejarah yang berkaitan dengan organisasi tersebut.

Peristiwa yang Menjadi Latar Belakang Ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional dan Alasannya

Ilustrasi Peristiwa Apa yang Menjadi Latar Belakang Ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional Jelaskan alasannya!, Sumber Unsplash Mufid Majnun
Menurut buku Rekam Jejak Dokter Pejuang & Pelopor Kebangkitan Nasional, HM. Nasruddin Anshoriy,Ch (2008: 172), Hari Kebangkitan Nasional diperingati pada tanggal 20 Mei. Penetapan tanggal ini berkaitan dengan terjadinya suatu peristiwa di masa penjajahan.
Lalu, peristiwa apa yang menjadi latar belakang ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional? Jelaskan alasannya! Jadi, peristiwa yang dimaksud adalah berdirinya organisasi Budi Utomo. Berikut profil singkatnya beserta alasan mengapa pendirian organisasi tersebut menjadi Hari Kebangkitan Nasional.

1. Profil Singkat Budi Utomo

Budi Utomo dibentuk pada tanggal 20 Mei 1908 di Jakarta. Organisasi tersebut didirikan oleh para pelajar STOVIA yang kala itu menjadi Sekolah Pendidikan Kedokteran Pribumi. Ketua dari organisasi ini adalah R. Soetomo dengan wakil bernama M. Soelaiman
ADVERTISEMENT
Tujuan pendirian Budi Utomo adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pendidikan bagi bangsa Indonesia terutama para pemuda. Hal ini merupakan respon dari para pendiri organisasi tersebut terhadap kebijakan pemerintah Belanda yang membatasi akses pendidikan
Selain itu, Budi Utomo juga mempunyai berbagai tujuan lainnya. Di antaranya adalah meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia, menyadarkan identitas, peran, dan kedudukan setiap individu, hingga mengatasi masalah keberagaman sosial.

2. Alasan Pendirian Budi Utomo Menjadi Hari Kebangkitan Nasional

Budi Utomo merupakan organisasi pergerakan nasional pertama di Indonesia. Hal ini disebabkan organisasi tersebut tak memandang sifat kedaerahan. Dengan kata lain, organisasi ini bersifat nasionalisme.
Sifat nasionalisme ini ditandai dengan tidak adanya nama daerah di organisasi tersebut. Keanggotaannya pun tidak terbatas oleh daerah tertentu.
Hal inilah yang membuat bangsa Indonesia mulai sadar akan pentingnya nasionalisme. Sejak saat itu, berbagai pergerakan mulai dilakukan atas nama bangsa, bukan daerah lagi. Beragam organisasi dengan sifat serupa seperti Budi Utomo pun bermunculan.
ADVERTISEMENT
Jadi, peristiwa apa yang menjadi latar belakang ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional? Jelaskan alasannya! Peristiwa tersebut adalah berdirinya Budi Utomo. Hal ini disebabkan Budi Utomo menjadi organisasi pertama yang bersifat nasional. (LOV)