Konten dari Pengguna

Persamaan dan Lawan Kata Husnuzan beserta Artinya dalam Bahasa Indonesia

Berita Terkini
Penulis kumparan
23 Januari 2023 18:16 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Lawan kata husnuzan. Sumber: unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Lawan kata husnuzan. Sumber: unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setiap kata dalam bahasa Indonesia memiliki persamaan dan lawan katanya masing-masing. Hal inilah yang membuat perbendaharaan kata dalam bahasa Indonesia menjadi sangat banyak dan menarik untuk dipelajari lebih jauh.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah persamaan dan lawan kata husnuzan. Adapun lawan kata husnuzan adalah suuzan. Lantas, bagaimana dengan persamaan katanya? Untuk Anda yang penasaran, simak penjelasan lengkapnya dalam artikel di bawah ini, ya.

Husnuzan dalam Bahasa Indonesia

Lawan kata husnuzan. Sumber: unsplash.com
Mengutip dari buku Materi Pendidikan Agama Islam 1 karya Sayid Habiburrahman dan Suroso (2022:126), lawan kata husnuzan adalah suuzan. Sedangkan persamaan kata husnuzan sendiri adalah berbaik sangka.
Secara umum, husnuzan merupakan perilaku terpuji dalam Islam. Hal inilah yang kemudian membuat husnuzan berkaitan erat dengan prasangka baik dalam kehidupan sehari-hari.
Setiap manusia yang selalu berhusnuzan tentunya akan menjauhkan mereka dari rasa khawatir yang berlebih dan prasangka buruk, baik itu kepada Allah SWT maupun kepada sesama manusia.
ADVERTISEMENT
Adapun salah satu wujud perilaku husnuzan adalah seseorang selalu yakin bahwa segala hal yang mereka peroleh merupakan kebaikan yang berasal dari Allah SWT. Kata husnuzan ini berasal dari dua kosa kata, yakni khusnu yang berarti baik dan zan yang berarti sangka.
Dalam Islam, husnuzan memiliki makna berbaik sangat terhadap segala ketentuan dan juga ketetapan Allah SWT yang diberikan kepada manusia.
Sikap husnuzan mampu melahirkan keyakinan bahwa segala kenikmatan dan juga kebaikan yang diterima manusia datangnya dari Allah SWT.
Bahkan Allah SWT juga sudah melarang umat Muslim untuk berburuk sangat terhadap segala hal. Larangan tersebut tertuang dalam Alquran Surat Al Hujurat ayat 12 yang berbunyi sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Demikian penjelasan singkat tentang persamaan dan lawan kata husnuzan. (Anne)