Politik Luar Negeri sebagai Penjabaran dari Politik Nasional

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
24 September 2022 21:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi politik luar negeri dan manfaatnya untuk suatu negara, sumber foto Mufid Majnun on Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi politik luar negeri dan manfaatnya untuk suatu negara, sumber foto Mufid Majnun on Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jika membahas suatu negara pasti tidak bisa dilepaskan dengan kebijakan politik yang diambil oleh negara tersebut. Setiap negara pasti memiliki kebijakan politik masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan dan juga cita-cita dari negara tersebut. Selain politik dalam negeri, setiap negara pasti juga memiliki kebijakan untuk politik luar negerinya termasuk bangsa Indonesia. Bagi bangsa indonesia politik luar negeri merupakan penjabaran dari politik nasional. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai politik luar negeri dan manfaatnya untuk suatu negara.
ADVERTISEMENT

Politik Luar Negeri sebagai Penjabaran dari Politik Nasional

Ilustrasi politik luar negeri dan manfaatnya untuk suatu negara, sumber foto Christian Lue on Unsplash
Dikutip dari buku Politik Luar Negeri karya Ivan Yulivan, (2020:4) dijelaskan bahwa politik luar negeri adalah arah yang ingin dicapai suatu negara untuk mengatur hubungan dengan negara-negara lain dan untuk memilih tindakan di luar wilayah suatu negara atau suatu sistem dari tindakan-tindakan pemerintahan suatu negara terhadap pemerintahan negara lainnya.
Politik luar negeri juga menjadi jembatan antara batas wilayah negara dan lingkungan internasional, seperti hubungan diplomatik, mengeluarkan pengaruh-pengaruh, membuat aliansi atau sekutu, menentukan tujuan jangka panjang dan jangka pendek.
Untuk Indonesia sendiri memegang prinsip sistem politik luar negeri yang bebas aktif yang diabdikan untuk kepentingan nasional. Dalam pelaksanaannya, sistem tersebut didasarkan pada Pancasila, UUD 1945, dan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). Sistem politik luar negeri Indonesia ini dilaksanakan melalui diplomasi yang kreatif, aktif, dan antisipatif, tidak sekadar rutin dan reaktif, teguh dalam prinsip dan pendirian, serta rasional dan luwes dalam pendekatan.
ADVERTISEMENT

Manfaat Politik luar Negeri

Ada beberapa keuntungan atau manfaat dari sistem politik luar negeri bebas aktif yang dianut oleh Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut:
Dengan adanya politik luar negeri yang bebas aktif menunjukkan eksistensi Indonesia di kancah internasional.

Membentuk Poros Baru Dunia

Salah satu keuntungan memilih politik luar negeri bebas aktif yang paling terlihat dari sejarah bangsa ini adalah terbentuknya poros baru dunia dengan gerakan non blok dimana bangsa Indonesia merupakan salah satu pencetusnya

Memberikan Peran yang Jelas di Dunia Internasional

Indonesia dapat dengan mudah menunjukan perannya di dunia internasional melalui politik bebas aktif. Dengan ikut berperan dalam dunia internasional tersebut menjadikan salah satu tujuan dari bangsa Indonesia untuk berperan aktif mewujudkan perdamaian dunia sedikit demi sedikit dapat terlihat hasilnya.
Demikian adalah pembahasan mengenai bagi bangsa indonesia politik luar negeri merupakan penjabaran dari politik nasional yang memiliki banyak sekali manfaat atau keuntungan. (WWN)
ADVERTISEMENT