News
·
21 Februari 2021 22:09

Prinsip Dasar Demokrasi Pancasila

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Prinsip Dasar Demokrasi Pancasila (18574)
Ilustrasi Pancasila, sumber: UNAIR ac.id
Demokrasi Pancasila adalah paham demokrasi berdasarkan paham kekeluargaan dan gotong royong yang ditujukan kepada kesejahteraan rakyat.
ADVERTISEMENT
Dasar demokrasi Pancasila adalah kedaulatan rakyat sesuai dengan pembukaan UUD 1945, dalam pasal 1 ayat 2 UUD 1945, yang berbunyi:
Kedaulatan adalah di tangan rakyat dan dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat. (Buku Ilmu Kewarganegaraan, karya Cholisin tahun 2013).

Prinsip Demokrasi Pancasila

Berikut ini adalah prinsip dasar dari demokrasi Pancasila, antara lain:
1. Persamaan bagi seluruh rakyat Indonesia
Seluruh rakyat Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama dan sejajar, tidak hanya dalam bidang politik saja melainkan bidang hukum, ekonomi dan sosial.
Persamaan ini diharapkan mampu memberikan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.
2. Keseimbangan antara hak dan kewajiban
Keseimbangan antara hak dan kewajiban memberikan pengertian bahwa warga negara dalam menerima hak yang dimilikinya, namun juga harus diseimbangkan dengan kewajiban yang harus ditunaikan.
ADVERTISEMENT
3. Kebebasan yang bertanggung jawab
Demokrasi Pancasila memberikan kebebasan kepada setiap individu namun dengan batasan yang bertanggung jawab secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, dan orang lain.
4. Berkeadilan sosial
Demokrasi Pancasila memiliki tujuan mewujudkan rasa keadilan sosial untuk semua warga negaranya.
5. Musyawarah untuk mufakat
Landasan gotong royong dan kebersamaan merupakan dasar dari pengambilan keputusan dengan musyawarah, dengan menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan golongan.
6. Mengutamakan persatuan nasional dan kekeluargaan
Sesuai dengan sila ketiga dari Pancasila, Persatuan Indonesia bisa diwujudkan di dalam masyarakat yang majemuk dengan saling menghargai dan tepo seliro.
7. Tujuan dan cita-cita nasional tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia, di mana bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya, untuk kemudian membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia.
ADVERTISEMENT
Tujuannya ialah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Demikian adalah pengertian demokrasi Pancasila dan juga prinsipnya. (adelliarosa)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white