Profil Malaysia, Negara ASEAN yang Berbatasan Langsung dengan Daratan Indonesia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
17 Februari 2024 17:47 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk negara ASEAN yang berbatasan langsung dengan daratan Indonesia. Sumber: pexels.com/Zukiman Mohammad
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk negara ASEAN yang berbatasan langsung dengan daratan Indonesia. Sumber: pexels.com/Zukiman Mohammad
ADVERTISEMENT
Negara ASEAN yang berbatasan langsung dengan daratan Indonesia adalah Malaysia. Wilayah Malaysia secara umum terdiri dari dua bagian, yaitu Semenanjung Malaysia dan Malaysia Borneo.
ADVERTISEMENT
Selain berbatasan darat dengan Indonesia, Malaysia juga berbatasan darat dengan Thailand dan Brunei Darussalam. Negara ini juga berbatasan laut dengan Singapura, Filipina, dan Vietnam.

Negara ASEAN yang Berbatasan Langsung dengan Daratan Indonesia

Ilustrasi untuk negara ASEAN yang berbatasan langsung dengan daratan Indoensia. Sumber: pexels.com/Zukiman Mohammad
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, negara ASEAN yang berbatasan langsung dengan daratan Indonesia adalah Malaysia.
Menurut buku Backpacking Keliling Malaysia, Olenka Priyadarsani dan Puput Aryanto (2013: 9), asal mula negara Malaysia adalah Kerajaan Melayu yang berdiri di wilayah tersebut pada abad ke-18. Pada saat itu, wilayah kerajaan berada di bawah penjajah kolonial Inggris.
Malaysia merdeka pada 31 Agustus 1957 dengan menyatukan Sabah, Sarawak, dan Singapura. Saat itu masih bernama Malaya. Selanjutnya, pada tahun 1963, resmi berubah nama menjadi Malaysia. Pada tahun 1965 Singapura melepaskan diri dan menjadi negara berdaulat.
ADVERTISEMENT
Seperti halnya Indonesia, letak Malaysia tidak jauh dari garis khatulistiwa. Negara ini memiliki iklim khatulistiwa yang panas dan lembab sepanjang tahun.
Iklim di wilayah semenanjung dipengaruhi secara langsung oleh angin dari daratan utama Indochina. Sedangkan iklim di Malaysia Timur lebih menyerupai iklim maritim karena berdekatan dengan Laut China Selatan.
Ibu kota Malaysia adalah Kuala Lumpur. Nama lengkap Kuala Lumpur adalah Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur. Kota ini adalah ibu kota sekaligus wilayah terbesar di Malaysia. Kawasannya meliputi area seluas 244 km2 (94 mil2). Di Kuala Lumpur terdapat salah satu bangunan tertinggi di dunia yaitu Menara Petronas.
Beraneka ragam budaya bercampur di Kuala Lumpur, seperti Melayu, China, India, Serani, dan juga suku-suku Kadazan, Iban, dan suku asli dari Malaysia Timur dan Barat.
ADVERTISEMENT
Salah satu sektor yang berperan penting dalam ekonomi Kuala Lumpur adalah pariwisata. Aneka tujuan wisata di Kuala Lumpur antara lain peninggalan sejarah, objek wisata religi, objek wisata budaya, ragam kuliner, dan lain sebagainya.
Demikian penjelasan mengenai negara ASEAN yang berbatasan langsung dengan daratan Indonesia, yaitu Malaysia. Semoga dapat menambah pengetahuan memiliki Malaysia yang merupakan negara tetangga Indonesia. (IND)