Puasa Syawal Dulu atau Bayar Utang Puasa Ramadan, Mana yang Didahulukan?

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
13 April 2024 17:27 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Puasa Syawal Dulu atau Bayar Utang. Sumber: Unsplash/SR
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Puasa Syawal Dulu atau Bayar Utang. Sumber: Unsplash/SR
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Selama bulan Ramadan, seluruh umat muslim berpuasa. Meski begitu, ada kondisi di mana umat Islam ada yang boleh untuk tidak berpuasa. Sebagian, ada yang mengganti "utang puasa" Ramadan di bulan Syawal. Namun, mana yang harus didahulukan antara puasa Syawal dulu atau bayar utang puasa Ramadan?
ADVERTISEMENT
Puasa Syawal adalah berpuasa selama enam hari selama bulan Syawal. Mengutip hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, puasa sunah di bulan Syawal memiliki ganjaran yang besar. Puasa Ramadan yang diikuti puasa selama enam hari, dihitung seperti berpuasa penuh satu tahun.

Puasa Syawal Dulu atau Bayar Utang Puasa Ramadan? Ini Penjelasannnya

Ilustrasi Puasa Syawal Dulu atau Bayar Utang. Sumber: Unsplash/Rauf Alvi
Di antara perkara yang ditanyakan oleh sebagian orang adalah berpuasa enam hari di bulan Syawal bagi orang yang masih memiliki puasa Ramadan. Apakah puasa Syawal dulu atau bayar utang puasa Ramadan?
Dikutip dari laman nu.or.id, menjawab pertanyaan itu, Prof Quraish Shihab menegaskan bahwa menunaikan utang puasa Ramadan dengan mengqadanya di bulan Syawal mestinya didahulukan ketimbang melaksanakan puasa sunah.
Hal ini karena mengqada puasa Ramadan yang ditinggal merupakan satu kewajiban, sedangkan puasa Syawal adalah sebuah kesunahan. Hal wajib mestinya lebih diutamakan daripada sekadar anjuran.
ADVERTISEMENT
Ulama ahli tafsir Indonesia itu menegaskan bahwa puasa sunah Syawal dapat dilakukan kapan saja selama masih di bulan tersebut. Artinya, puasa ini tidak harus dilakukan secara berturut-turut mulai awal atau tanggal 2 Syawal, sehari setelah Idulfitri.
ADVERTISEMENT
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan mana yang didahulukan puasa Syawal dulu atau bayar utang puasa Ramadan adalah bayar utang puasa Ramadan dahulu karena hukumnya wajib. (glg)