Tekno & Sains
·
14 Januari 2021 12:34

Rantai Makanan Hewan: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Rantai Makanan Hewan: Pengertian, Jenis, dan Contohnya (79463)
Contoh Rantai Makanan Hewan, Foto: Dok. dreamstime.com
Rantai makanan hewan merupakan salah satu bagian terpenting dalam ekosistem. Dilansir dari Wikipedai rantai makanan atau biasa disebut jaringan makanan adalah suatu ekosistem makhluk hidup yaitu perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui seri organisme atau melalui jenjang makan di mana suatu organisme memakan satu sama lain untuk mendapatkan energi dan nutrisi dari organisme yang dimakan.
ADVERTISEMENT
Keseimbangan ekosistem salah satunya bergantung dari bagaimana rantai makanan berjalan, jika salah satu hewan mengalami penurunan jumlah yang signifikan, maka hewan yang berada di bawah tingkat hewan tersebut akan mengalami peningkatan jumlah.

Pengertian Rantai Makanan

Melansir dari zenius.net, rantai makanan adalah proses transfer energi makanan dari organisme produsen, ke konsumen, dan berakhir di detritivore serta decomposer. Produsen dalam sebuah rantai makanan adalah organisme yang dapat menciptakan makanannya sendiri, salah satu contohnya adalah tumbuhan.
Konsumen merupakan organisme yang tidak bisa membuat makanannya sendiri dan harus bergantung pada organisme lain, contohnya seperti sapi dan kelinci. Detritivore dan decomposer merupakan organisme yang bertugas untuk menguraikan dan memproses bahan-bahan organik hingga menjadi bahan anorganik untuk digunakan oleh produsen, contohnya adalah jamur.
ADVERTISEMENT

Jenis dan Contoh Rantai Makanan

Berikut jenis-jenis rantai makanan beserta sejumlah contohnya yang dapat kamu pelajari.
Rantai makanan perumput
Rantai makanan perumput diawali dengan tumbuhan pada awal tingkat trofik.
Contoh: Rumput – kelinci – serigala – dekomposer
Rantai makanan detritus
Rantai makanan detritus diawali dengan detrivor. Detritus merupakan organisme berukuran kecil yang mendapat energi dari sisa-sisa makanan dari organisme lain, contohnya adalah rayap dan cacing.
Contoh: sisa makanan – cacing – burung pipit – burung elang.
Rantai makanan parasit
Parasit merupakan organisme yang hidup dengan cara mengambil energi atau nutrisi organisme lain yang menjadi inangnya. Rantai makanan ini diawali dengan organisme parasit seperti kutu darah.
Contoh: kerbau – kutu darah – burung jalak – elang.
ADVERTISEMENT
Rantai makanan saprofit
Saprofit merupakan organisme yang hidup dengan cara mengambil nutrisi dan energi dari bahan organik yang sudah mati.
Contoh: kayu lapuk – jamur – ayam – serigala.
Semoga informasi tersebut bermanfaat. (RYFA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white