News
·
1 Februari 2021 20:26

Rukun Khutbah Shalat Jumat yang Perlu Ditunaikan

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Rukun Khutbah Shalat Jumat yang Perlu Ditunaikan (107633)
Contoh situasi khutbah sholat Jumat. Sumber: Kumparan
Rukun khutbah shalat Jumat merupakan hal yang perlu ditunaikan agar amalan ibadah tersebut dianggap sah dan diterima oleh Allah SWT. Rukun khutbah dalam sholat Jumat sendiri wajib ditunaikan oleh seorang khotib atau seseorang yang memberikan khotbah.
ADVERTISEMENT
Syarat sah khutbah sholat Jumat sendiri dilakukan sebanyak dua kali sebelum sholat dalam posisi Khotib berdiri bila ia mampu. Karena dilakukan sebanyak dua kali, maka antara khutbah yang pertama dan kedua harus dipisahkan dengan duduk. Hal ini sendiri merupakan anjuran yang telah dicontohkan oleh Rasulullah lewat hadist berikut: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkhutbah dengan dua khutbah, kemudian beliau duduk di antara keduanya, dan kembali beliau khutbah sambil berdiri,” (HR. Muslim).

Rukun Khutbah Shalat Jumat yang Harus Dipenuhi Khotib

Selain syarat sah tadi, dilansir dari situs Nadhlatul Ulama, secara umum rukun khutbah sholat jumat terdiri dari lima hal yakni sebagai berikut:
Memanjatkan Pujian Kepada Allah
Hal pertama yang wajib dilakukan Khotib saat memberikan khutbah sholat Jumat kepada jamaahnya ialah memanjatkan pujian kepada Allah SWT. Bacaan pujian ini sangat beragam misalnya saja dengan memanjatkan kalimat hamdalah (Alhamdulillah).
ADVERTISEMENT
Membaca Sholawat Atas Nabi Muhammad
Setelah memberi pujian kepada Allah, Khotib juga wajib memberi pujian kepada nabi Muhammad SAW. Saat membaca sholawat ini, Khotib disyaratkan untuk membaca nama nabi secara jelas. Misalnya saja seperti bacaan berikut: “ash-shalâtu ‘alan-Nabi”, “ana mushallin ‘alâ Muhammad”, “ana ushalli ‘ala Rasulillah”.
Berwasiat tentang Ketakwaan
Berwasiat tentang ketakwaan adalah rukun khutbah sholat jumat ketiga yang wajib ditunaikan oleh Khotib. Secara umum rukun ini mengandung pengingat sekaligus ajakan kepada jamaah sholat Jumat agar senantiasa menaati dan menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi segala laranganNya.
Membaca Ayat Alquran
Pada rukun keempat ini, Khotib diwajibkan untuk membaca ayat alquran meskipun hanya satu ayat saja. Berdasarkan sumber keagamaan, pembacaan ayat alquran ini disebut hanya perlu dilakukan dalam salah satu khutbah saja. Adapun lebih utama amalannya jika dibaca saat khutbah pertama.
ADVERTISEMENT
Membaca Doa untuk Kaum Mukmin
Membaca doa untuk kaum mukmin ini dilakukan saat khutbah terakhir. Bacaan doa ini sendiri haruslah mengandung kebaikan untuk kehidupan dunia dan akhiran kaum mukminin.
Itulah kelima rukun khutbah sholat Jumat yang wajib ditunaikan oleh seorang Khotib agar ibadahnya menjadi sah. Disamping itu, khotib juga harus senantiasa dalam keadaan suci atau berwudhu dan menutup aurat saat memberikan khutbah kepada jamaah sholat Jumat. (HAI)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white