News
·
8 Februari 2021 18:04

Rukun Shalat Jumat yang Perlu Ditunaikan Laki-Laki Muslim

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Rukun Shalat Jumat yang Perlu Ditunaikan Laki-Laki Muslim (26862)
Ilustrasi sholat Jumat berjamaah. Sumber: Dhaka Tribune
Shalat jumat merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh laki-laki muslim sebagai pengganti sholat dzuhur di hari Jumat. Agar ibadah tersebut dapat dianggap sah dan diterima oleh Allah, maka seorang laki-laki muslim tentu perlu menunaikan rukun shalat Jumat.
ADVERTISEMENT
Seperti yang sudah disebutkan tadi, hukum melaksanakan ibadah ini ialah fardhu ain atau wajib bagi setiap laki-laki muslim yang sudah dewasa. Hal ini sendiri telah didasarkan kepada hadist Rasulullah berikut: “Shalat Jumat itu hak yang wajib dikerjakan oleh tiap-tiap orang Islam dengan berjamaah, kecuali empat macam orang, (1) Hamba sahaya yang dimiliki, (2) perempuan, (3) anak-anak, (4) orang sakit.” (HR. Abu Dawud dan Hakim).

Rukun Shalat Jumat yang Perlu Ditunaikan Muslimin

Berbeda dengan sholat dzuhur yang memiliki 4 rakaat, shalat Jumat sendiri hanya dilakukan dengan 2 rakaat saja. Disamping itu, rukun shalat Jumat sendiri memiliki sedikit perbedaan dengan shalat fardhu dhuhur, yakni diawali dengan adanya khotbah Jumat. Selain itu, rukun sholat Jumat yang lain ialah wajib dikerjakan secara berjamaah di waktu dzuhur. Selanjutnya lakukan rukun-rukun sholat lainnya seperti biasa.
ADVERTISEMENT
Jika ingin lebih jelas, kita bisa menuliskan rukun shalat Jumat ke dalam poin-poin berikut:
  1. Dilakukan pada waktu dzuhur secara berjamaah
  2. Diawali dengan adanya dua khotbah Jumat
  3. Dilakukan dalam posisi berdiri bagi yang mampu
  4. Membaca niat sholat Jumat
  5. Membaca takbiratul ikhram
  6. Membaca surat Al Fatihah
  7. I’tidal serta tuma’ninah (diam sebentar)
  8. Sujud dua kali serta tuma’ninah (diam sebentar)
  9. Duduk di antara dua sujud serta tuma’ninah
  10. Duduk dan membaca takhiyat akhir
  11. Membaca salam
Selain menunaikan rukun shalat Jumat di atas, para laki-laki muslim juga disunahkan untuk mandi dan bersuci dahulu sebelum pergi ke masjid. Disamping itu, dianjurkan pula bagi kaum muslimin untuk memakai wangi-wangian, memotong kuku, mencukur kumis dan menyisir rambut saat hendak menunaikan ibadah sholat Jumat. Semoga ulasan tadi bermanfaat! (HAI)