News
·
4 Februari 2021 19:20

Rukun Shalat Jumat yang Wajib Diamalkan Saat Shalat Jumat

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Rukun Shalat Jumat yang Wajib Diamalkan Saat Shalat Jumat (308190)
Menjalankan Shalat Jumat Sesuai dengan Rukun Shalatnya. Foto: dok Cremation Institute
Shalat jumat merupakan salah satu ibadah shalat yang dilakukan setiap hari Jumat. Shalat jumat bersifat wajib bagi seluruh laki-laki muslim yang tidak memiliki uzur atau halangan tertentu yang memperbolehkannya untuk meninggalkan shalat jumat. Shalat jumat ini dilakukan secara berjamaah dengan memperhatikan rukun shalat jumat yang wajib dilakukan saat shalat jumat.
ADVERTISEMENT

Rukun Shalat Jumat dan Sunnah-Sunnah yang Dilakukan Saat Akan Shalat Jumat

Rukun Shalat Jumat yang Wajib Diamalkan Saat Shalat Jumat (308191)
Shalat Jumat Berjamaah Foto: dok America Magazine
Shalat jumat yang dijadikan sebagai pengganti shalat dzuhur bagi yang melaksanakannya ini merupakan ibadah yang tergolong ibadah wajib. Hal ini seperti yang tercantum pada Alquran surat Al Jumu’ah ayat 9 berikut ini:
“Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui. (Al Jumu'ah 62:9).
Dari surat Al Jumu’ah ayat 9 tersebut kita dapat mengetahui bahwa shalat jumat bersifat wajib, bahkan diumpamakan jika saat berdagang maka tinggalkanlah. Hal ini menyatakan tegas seberapa wajibnya shalat jumat dan diperintahkan untuk meninggalkan urusan dunia sementara untuk dapat mengikuti shalat jumat. Dalam menjalankan ibadah shalat jumat, tentu terdapat sederet rukun shalat jumat yang wajib diamalkan saat shalat jumat. Berikut ini adalah rukun shalat jumat yang wajib diamalkan:
ADVERTISEMENT
1. Didahului oleh dua khotbah Jumat di mana khatib dalam kondisi berdiri dan duduk di antara dua khotbah
2. Niat sholat jumat
3. Takbiratul ihram
4. Membaca Al-fatihah dan surat pendek saat berdiri
5. Rukuk
6. I’tidal
7. Sujud
8. Duduk di antara dua sujud
9. Duduk tasyahud akhir dan membaca doanya
10. Membaca salam
Saat shalat jumat, imam membaca surat Al fatihah dan membaca surat pendek dengan suara yang dikeraskan. Sebelum shalat jumat Anda dapat mengamalkan sunnah yang dilakukan Nabi saat hendak shalat jumat. Sunnah-sunnah nabi tersebut antara lain mandi jenabat, menggunakan wangi-wangian, menggunakan pakaian terbaik, dan datang di awal waktu. Dengan mengetahui rukun shalat jumat dan juga sunnah yang dapat dikerjakan saat akan melaksanakan shalat jumat dapat menjadi pedoman Anda unuk dapat memperbanyak amalan baik dan berpahala. (DA)
ADVERTISEMENT