Sejarah Awal Mula Masuknya Islam di Nusantara beserta Teorinya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
7 November 2023 17:42 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sejarah Awal Mula Masuknya Islam di Nusantara. Foto: dok. Unsplash/Sohaib Al Kharsa
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sejarah Awal Mula Masuknya Islam di Nusantara. Foto: dok. Unsplash/Sohaib Al Kharsa
ADVERTISEMENT
Jelaskan sejarah awal mula masuknya Islam di Nusantara! Keberadaan Islam yang merupakan salah satu agama terbesar di Indonesia mulai masuk dan menyebar di Indonesia sejak lama.
ADVERTISEMENT
Terdapat beberapa teori yang membahas terkait sejarah masuknya agama Islam di Indonesia. Salah satu teori yang membahas terkait masuknya agama Islam ke Indonesia adalah teori India atau teori Gujarat.

Penjelasan Sejarah Awal Mula Masuknya Islam di Nusantara

Ilustrasi Sejarah Awal Mula Masuknya Islam di Nusantara. Foto: dok. Unsplash/Lexi T
Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan keragaman agama yang cukup tinggi. Salah satu agama yang memiliki penganut paling banyak di Indonesia adalah agama Islam. Persebaran agama Islam di Indonesia memiliki sejarah dan beberapa teori yang membahasnya. Jelaskan sejarah awal mula masuknya Islam di Nusantara!
Dikutip dari dalam Buku Intisari SKI (Sejarah Kebudayaan Islam), Siti Wahidoh,S.PdI (2020:12), terdapat tiga teori yang menjelaskan mengenai masuknya Islam Indonesia antara lain teori Gujarat (India), teori Persia, dan Makkah. Berikut ini adalah pembahasan teori masuknya Islam ke Nusantara.
ADVERTISEMENT

1. Teori Gujarat (India)

Menurut teori ini, Islam dipercayai mulai datang dari wilayah Gujarat, India melalui peran para pedagang India yang beragama Islam pada sekitar abad ke-13 M. Ini dibuktikan kurangnya fakta yang menjelaskan bangsa Arab dalam menyebarkan agama Islam ke Nusantara.

2. Teori Persia

Dalam teori ini disebutkan bahwa Islam tiba di Indonesia melalui peran para pedagang asal Persia yang dalam perjalanannya singgah ke Gujarat sebelum ke nusantara sekitar abad ke-13 M.

3. Teori Makkah

Berdasarkan teori ini, Islam masuk ke Indonesia langsung dari Timur Tengah melalui jasa para pedagang Arab muslim sekitar abad ke-7 M. Teori ini diperkuat dengan pendapat Dr. Hamka yang menyatakan bahwa masuknya Islam ke Indonesia langsung dari Mekkah pada abad ke-7 M.

Keberadaan Kerajaan Islam di Indonesia

Ilustrasi Sejarah Awal Mula Masuknya Islam di Nusantara. Foto: dok. Unsplash/Rachid Oucharia
Selain teori masuknya Islam ke Indonesia, sejarah masuknya agama Islam di Indonesia dan persebarannya juga memiliki kaitan yang erat dengan keberadaan kerajaan-kerajaan bercorak Islam di Indonesia. Terdapat beberapa kerajaan Islam yang berperan penting dalam persebaran agama Islam di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Kerajaan-kerajaan bercorak Islam di Indonesia yang memiliki andil dalam persebaran agama Islam di Indonesia antara lain, seperti Kerajaan Samudra Pasai, Kerajaan Aceh, Kerajaan Demak, Kerajaan Mataram Islam, Kerajaan Banten, dan Kerajaan Makassar.
Kerajaan-kerajaan tersebut meninggalkan beberapa benda bersejarah yang hingga saat ini masih banyak dijumpai, seperti masjid, menara, makam, gapura, hingga seni ukir.
Dengan pembahasan jelaskan sejarah awal mula masuknya Islam di Nusantara yang disajikan dalam artikel ini, wawasan terkait sejarah Islam di Indonesia dapat bertambah. (DAP)