Sejarah dan Profil Perusahaan Apple yang Terkenal

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
21 Mei 2022 19:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sejarah dan profil perusahaan Apple, sumber foto oleh Arun Thomas dari Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sejarah dan profil perusahaan Apple, sumber foto oleh Arun Thomas dari Pexels
ADVERTISEMENT
Siapa yang tidak kenal salah satu smartphone yang banyak digunakan oleh masyarakat yaitu iPhone. iPhone merupakan salah satu smartphone buatan perusahaan Apple. Unik memang karena nama Apple identik dengan nama buah, tetapi perusahaan Apple justru menjadi salah satu perusahaan yang bergerak di industri elektronik. Mungkin sebagian dari kalian belum mengetahui mengenai sejarah berdirinya perusahaan Apple, berikut adalah sejarah dan profil perusahaan Apple yang terkenal.
ADVERTISEMENT

Profil Perusahaan Apple

Ilustrasi sejarah dan profil perusahaan Apple, sumber foto oleh Martin Sanchez dari Pexels
Dikutip dari situs resmi Unnes.ac.id, Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diubah menjadi Apple Computer. Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977, Namun Pada 9 Januari, 2007, kata "Computer" dihapus untuk Mencerminkan fokus Apple terhadap bidang Elektronik Setelah peluncuran iPhone.
Apple didirikan Oleh 3 Anak Muda yaitu Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne. Steve Wozniak adalah seorang Hacker elektronik. Pada tahun 1975, dia bekerja di Hewlett-Packard (HP) dan membantu temannya Steve Jobs mendesain Video Game untuk Atari. Ronald Wayne Nyaris tidak pernah disebut dalam sejarah Apple, Mungkin ini karena Wayne meninggalkan Apple 12 hari setelah perusahaan tersebut didirikan. Ronald Wayne merupakan Rekan sekerja Apple di Atari dan memegang saham Apple sebesar 10 persen.
ADVERTISEMENT
Pada awalnya Apple pembuat komputer untuk diperjualbelikan namun karena keterbatasan dana Apple I yang diproduksinya pun belum sempurna. Akhirnya setelah mendapatkan pelanggan pertama Apple mengembangkan komputer dengan nama Apple II. Pada dekade tahun 1980-an Apple mulai banyak terjual dan menghasilkan banyak dana untuk perusahaan Apple.
Namun memasuki dekade 1980, level menghadapi kompetisi dalam bisnis komputer yang cukup sengit karena ada perusahaan besar yang menantang mereka yaitu IBM. IBM berhasil menjadi penantang yang cukup kuat bagi Apple karena mereka bisa meraih pangsa pasar yang luas dengan produk komputer mereka.
Setelah persaingan sengit dan muncul beberapa perusahaan besar yang mengeluarkan produk komputer, Apple juga dilanda masalah kepemimpinan yang terjadi di dalam perusahaan. Bahkan Steve Jobs selaku pendiri Apple memutuskan untuk keluar dari Apple dan mendirikan perusahaan baru.
ADVERTISEMENT
Namun pada akhirnya Steve Jobs kembali ke Apple dan mencetuskan ide untuk mengembangkan iMac. Di mana iMac berhasil menyelamatkan Apple dari kehancuran sekaligus memberikan waktu untuk merapikan sistem operasi yang sudah.
Setelah itu Apple terus melakukan berbagai inovasi dan menciptakan produk-produk baru yang menguasai pasar smartphone dan aksesorisnya seperti airpods, MacBook, iPad dan lain sebagainya.
Jadi itu adalah sejarah dan profil perusahaan Apple yang menciptakan iPhone dan barang-barang elektronik lainnya. (WWN)