Konten dari Pengguna

Sejarah, Makna dan Langkah-langkah Tari Kecak

Berita Terkini
Penulis kumparan
9 September 2023 19:07 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sebutkan langkah-langkah tari kecak, sumber foto: unsplash.com/Sifrianus Tokan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sebutkan langkah-langkah tari kecak, sumber foto: unsplash.com/Sifrianus Tokan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tari Kecak adalah salah satu tarian khas dari Pulau Bali dan masih dilestarikan hingga saat ini. Bahkan tari ini sering digunakan sebagai pertunjukan untuk para wisatawan yang datang ke Bali. Sebutkan langkah-langkah Tari Kecak serta sejarah dan maknanya!
ADVERTISEMENT
Untuk memahami langkah-langkah tari kecak, sejarah dan makna yang ada pada tari tersebut, maka harus belajar kisah awal tari tersebut. Hal ini disebabkan tari ini sudah ada sejak lama di Bali dan menjadi salah satu bagian dari kebudayaan khas pulau tersebut

Sejarah dan Makna Tari Kecak

Ilustrasi sebutkan langkah-langkah tari kecak, sumber foto: unsplash.com/Mauro-Fabio Cilurzo
Dikutip dari buku Keanekaragaman Seni Tari Nusantara karya Resi Septiana Dewi, (2012) dijelaskan bahwa Tari Kecak adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Bali.
Tarian ini menampilkan puluhan penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dan menyerukan "cak" dengan irama tertentu sambil mengangkat kedua lengan.
Tarian ini terinspirasi dari ritual sanghyang, yaitu tradisi tarian yang penarinya tidak sadarkan diri atau kesurupan untuk berkomunikasi dengan Tuhan atau roh leluhur.
ADVERTISEMENT
Tarian ini juga mengadaptasi kisah Ramayana, yaitu epos Hindu yang menceritakan tentang Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman dan lain-lain.
Tari Kecak awalnya hanya dipentaskan di beberapa desa di Bali, salah satunya adalah Desa Bona, Gianyar. Namun seiring dengan perkembangan zaman, Tari Kecak mulai tersebar di berbagai daerah di Bali dan menjadi salah satu atraksi wisata yang diminati oleh banyak orang.
Tari Kecak memiliki makna yang mendalam bagi masyarakat Bali. Tarian ini merupakan simbol dari persatuan, kebersamaan dan kekompakan dalam menghadapi segala tantangan dan musuh.
Suara "cak" yang dihasilkan oleh para penari melambangkan kekuatan dan semangat yang tak terkalahkan. Tarian ini juga menggambarkan perjuangan Rama dalam menyelamatkan Shinta dari tangan Rahwana dengan bantuan Hanoman dan pasukan kera.
ADVERTISEMENT

Langkah-langkah Tari Kecak Khas Bali

Ilustrasi sebutkan langkah-langkah tari kecak, sumber foto: unsplash.com/Mauro-Fabio Cilurzo
Tari Kecak terdiri dari beberapa langkah atau gerakan yang dilakukan oleh para penari sesuai dengan perannya masing-masing. Berikut adalah langkah-langkah Tari Kecak:
ADVERTISEMENT
Itulah penjelasan lengkap mengenai sejarah, makna dan langkah-langkah Tari Kecak khas masyarakat Bali. (WWN)