Konten dari Pengguna

Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Berita Terkini
Penulis kumparan
8 November 2023 20:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Bagaimana Perkembangan Komputer?  Sumber Unsplash/Sumaid pal Singh Bakshi
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Bagaimana Perkembangan Komputer? Sumber Unsplash/Sumaid pal Singh Bakshi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bagaimana perkembangan komputer? Siswa kelas 7 ditugaskan untuk menjawab soal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ini.
ADVERTISEMENT
Komputer merupakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang banyak digunakan. Komputer berfungsi untuk mengolah, mengelola, dan menyimpan data.

Bagaimana Perkembangan Komputer? Ini Penjelasannya

Ilustrasi Bagaimana Perkembangan Komputer? Sumber Unsplash/Domenico Loia
Seiring kemajuan zaman, komputer mengalami penyempurnaan dalam bentuk, fungsi, maupun kemampuannya. Berdasarkan buku Teknologi Informasi dan Komunikasi 1, Maryono, Patmi Istiana (2008:24), berikut jawaban untuk soal bagaimana perkembangan komputer.

1. Komputer Generasi Pertama (1940-1959)

Pada tahun 1941, seorang insinyur Jerman yang bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer Z3. Pada saat itu, komputer berfungsi untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Ciri dari komputer generasi pertama adalah penggunaan tabung vakum dengan silinder magnetik untuk penyimpanan data, dan instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.

2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

Pada komputer generasi kedua, penggunaan tabung vakum digantikan oleh transistor. Manfaatnya, ukuran mesin komputer menjadi lebih kecil, memori inti magnetik dapat lebih mempercepat proses kerja komputer, dan hemat energi.
ADVERTISEMENT
Perkembangan teknologi komputer makin pesat, diikuti juga dengan munculnya programmer, analis, dan ahli sistem komputer.

3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Kemajuan dari komputer generasi ketiga ini adalah mesin dapat menjalankan berbagai macam program secara bersamaan.
Selain itu, diluncurkan minicomputer dengan perangkat lunak yang mudah digunakan, serta mampu melakukan kerja secara cepat.

4. Komputer Generasi Keempat (1971-1980)

Pada komputer generasi ini digunakan Large Scale Integration (LSI), yang merupakan gabungan beribu-ribu IC (Integrated Circuit) yang dijadikan satu dalam sebuah keping dinamakan chip.
Selanjutnya, pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikroprosesor 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu.

5. Komputer Generasi Kelima (1980- sekarang)

Pada komputer generasi kelima, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya. Selain itu juga dikembangkan Josephson Junction, yaitu teknologi yang dapat memproses triliunan operasi per detik.
ADVERTISEMENT
Komputer generasi ini dapat menerjemahkan bahasa manusia, sehingga manusia dapat langsung berkomunikasi dengan komputer. Sifat luar biasa komputer ini dikenal sebagai Artificial Intelligence (AI).
Bagaimana perkembangan komputer? Perkembangan komputer ditandai dengan hadirnya komponen utama hardware yang digunakan dalam setiap generasi, yaitu tabung vakum, transistor, Integrated Circuit, microchip, dan Josephson Junction.(DK)