Konten dari Pengguna

Sejarah Proklamasi, Peristiwa yang Menandakan Lahirnya Negara Indonesia

Berita Terkini
Penulis kumparan
12 Agustus 2023 17:52 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Peristiwa yang Menandakan Lahirnya Negara Indonesia. (Sumber: Pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Peristiwa yang Menandakan Lahirnya Negara Indonesia. (Sumber: Pixabay)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Peristiwa yang menandakan lahirnya negara Indonesia adalah proklamasi kemerdekaan. Sejarah peristiwa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia menjadi salah satu peristiwa yang penting dalam perjalanan negara dan bangsa Indonesia. Adapun peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia berlangsung pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB di Jalan Pegangsaan Timur No 56.
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan janji kemerdekaan yang diberikan oleh pemerintah Jepang pada bulan September 1944. Kemudian kekalahan Jepang dengan sekutu atas bom yang yang dijatuhkan pada kota Hiroshima (6 Agustus 1945) dan Nagasaki (9 Agustus 1945) menjadi latar belakang sejarah peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia 1945.

Peristiwa yang Menandakan Lahirnya Negara Indonesia

Ilustrasi Peristiwa yang Menandakan Lahirnya Negara Indonesia. (Sumber: Pixabay)
Informasi terkait kekalahan Jepang dianggap merupakan waktu yang tepat bagi Indonesia untuk merdeka. Pada tanggal 10 Agustus 1945, para pemuda pejuang bawah tanah mendengar bahwa Jepang sudah menyerah kepada sekutu melalui siaran radio Sutan Sjahrir.
Setelah informasi terkait kekalahan Jepang didengar oleh masyarakat Indonesia, perbedaan paham muncul antara golongan muda dan tua yang memicu latar belakang terjadinya peristiwa Rengasdengklok.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Wangsit (Pawang Soal Sulit) HOTS UTBK SBMPTN Soshum 2021, Tim Tentor Master (2020: 463), para pemuda membawa Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok untuk menjauhkan mereka dari pengaruh Jepang dan segera memproklamirkan kemerdekaan RI.
Peristiwa Rengasdengklok berakhir setelah Soekarno dan Hatta menyetujui untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia selambat-lambatnya tanggal 17 Agustus 1945. Berikut adalah isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia:
Awalnya sejarah pembacaan teks proklamasi kemerdekaan akan diadakan di Lapangan Ikada. Namun, kemudian dipindahkan di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 untuk mencegah bentrok antara pejuang Indonesia dengan tentara Jepang. Demikian penjelasan terkait peristiwa yang menandakan lahirnya negara Indonesia adalah proklamasi kemerdekaan. (CHL)
ADVERTISEMENT