Konten dari Pengguna

Sejarah Terciptanya HP Pertama di Dunia Buatan Martin Cooper

Berita Terkini
Penulis kumparan
9 Juli 2022 20:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Iludtrasi HP yang digunakan setiap saat. Foto: unsplash.com/gilleslambert
zoom-in-whitePerbesar
Iludtrasi HP yang digunakan setiap saat. Foto: unsplash.com/gilleslambert
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di era modern seperti saat ini, HP menjadi barang yang sangat penting. Tanpa HP, orang tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, kecanggihan HP juga membatu kehidupan manusia, mulai dari pembayaran, saling tukar gambar atau video, maupun bermain gim. Namun apakah kamu sudah tahu bagaimana HP pertama di dunia? Nah, dalam artikel kali ini akan menjelaskan tentang sejarah terciptanya HP pertama di dunia buatan Martin Cooper.
ADVERTISEMENT

Sejarah Terciptanya HP Pertama di Dunia Buatan Martin Cooper

Martin Cooper yang lahir pada 26 Desember 1928 di Chikago, merupakan seorang teknisi asal Amerika Serikat yang memimpin tim pembuatan telepon seluler.
Cooper lulus pada tahun 1950 dari Illinois Institute of Technology (IIT) di Chicago dengan gelar Teknik Elektro. Dia masuk ke pasukan tentara Amerika pada perang Korea. Setelah perang, ia bergabung dengan Teletype Corporation dan pada tahun 1954 dia mulai bekerja di Motorola.
Di Motorola, dia bekerja dalam berbagai projek, mulai dari komunikasi secara nirkabel, seperti kontrol jalur radio pertama yang ia patenkan pada tahun 1960 dan radio genggam polisi pertama pada tahun 1967.
Ilustrasi HP yang berkembang dari buatan Martin Cooper. Foto: unsplash.com/jonasleupe
Dikutip dari buku 200 Tokoh Super Jenius Penemu dan Perintis Dunia karya Iswara N. Raditya (2012), pada tahun 1945, American Telephone & Telegraph Company (AT&T) mengenalkan telepon seluler. Namun hanya mencakup 11 atau 12 chanel saja.
ADVERTISEMENT
Motorola tidak ingin AT&T memonopoli telepon sosial dan ingin mengakhiri bisnis mereka. Cooper menjadi orang yang mengembangkan telepon seluler. Dia berpikir bahwa ponsel tidak boleh terhubung dengan mobil dan harus bisa dibawa kemana-mana.
Hasilnya adalah sebuah telepon yang bernama DynaTAC (Dynamic Adaptive Total Area Coverage) dengan panjang 23 cm dan berat mencapai 1 kg. Ponsel ini bisa melakukan panggilan selama 35 menit sebelum baterai habis. HP DynaTAC yang dirilis pada tahun 1983 dirilis dengan harga $3,995.
Pada awalnya, Cooper menelepon Engel dengan mengucapkan, “Joe, I’m calling you from a real cellular telephone. A portable handheld telephone.”
Tantangan yang selanjutnya harus dihadapi Cooper adalah mengadaptasi infrastruktur yang mendukung sistem komunikasi HP. Sistem tersebut membutuhkan setidaknya jaringan yang membutuhkan 3MHz spektruk atau setara dengan lima chanel TV yang tersalur di seluruh dunia. Namun tantangan tersebut berhasil dilampaui Cooper yang berujung dengan menjamurnya teknologi HP ke seluruh dunia. Teknologi HP ini dikenal sebagai 1G atau 1 Generation.
ADVERTISEMENT
Nah, sekarang sudah tahu sejarah pembuatan HP pertama di dunia bukan?(MZM)