News
·
14 Desember 2020 8:49

Sholat Hajat Khusus Rejeki Beserta Niatnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Sholat Hajat Khusus Rejeki Beserta Niatnya (408845)
Ilustrasi Sholat Hajat. Sumber: 123rf.com
Sholat Hajat Khusus Rejeki dapat Anda lakukan untuk memohon kepada Allah. Dilansir dari buku 79 Macam Shalat Sunnah Ibadah Para Kekasih Allah, hajat adalah keperluan yang berhubungan dengan usaha yang bersifat rutin seperti bekerja, belajar, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
Adapun contoh keperluan yang dikategorikan hajat adalah terealisasinya pendirian usaha, terselesaikannya urusan dengan orang lain, tercapainya cita-cita untuk meraih sesuatu, atau tersembuhkannya suatu penyakit. Fungsi dari Sholat Hajat adalah untuk memohon agar Allah SWT mengabulkan hajat (keinginan) kita atau menyingkirkan kesulitan kita. Adapun niat Sholat Hajat adalah sebagai berikut.

Niat Sholat Hajat

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushallī sunnatal hājati rak'ataini adā'an lillāhi ta'ālā.

Artinya: "Aku menyengaja shalat sunnah hajat dua rakaat tunai karena Allah SWT".
Sholat Hajat khusus rejeki atau keperluan lainnya dilakukan sebanyak 2 rakaat sebelum mengerjakan sesuatu yang menjadi hajat. Tujuannya agar Allah SWT mengabulkan hajat tersebut. Namun, perlu diingat hajat tersebut haruslah sesuatu yang diridai Allah SWT bukan yang melanggar syariat Islam. Setelah Sholat Hajat, ada baiknya Anda membaca tahmid, tasbih, takbir, dan selawat. Kemudian, membaca doa berikut ini.
ADVERTISEMENT

Laa ilaaha illallaahul haliimul kariim subhaanallaahi rabbil ‘arsyil ‘adziim alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin(a) as-aluka muujibaati rahmatika wa ‘azaa-ima maghfiratik(a) wal ghaniimata min kulli birrin was salaamata min kulli itsmin, laa tada’ lii dzanban illa ghafartah(u) wa laa hamman illa farrajtah(u) wa laa haajatan hiya laka ridhan illa qadhaitahaa yaa arhamar raahimiin

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Penyantun lagi Maha Mulia, Maha Suci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang agung, segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang mendatangkan ampunan-Mu, dan memperoleh keuntungan dari setiap kebaikan dan selamat dari segala dosa. Janganlah Engkau membiarkanku melakuakn dosa kecuali Engkau mengampuninya, dan tidak ada kebimbangan kecuali Engkau berikan jalan keluarnya, dan tidak ada suatu hajat pun yang Engkau ridhai melainkan Engkau kabulkan. Wahai Sang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.
ADVERTISEMENT
Selain melaksanakan Sholat Hajat, Anda juga bisa melaksanakan Sholat Dhuha untuk mempermudah rejeki Anda. Sebab ada doa setelah Sholat Dhuha memiliki makna yang dalam dan membuat pembacanya yakin bahwa Allah Yang Maha Kuasa atas rejeki setiap umatnya.
Mari saling mengajak dalam kebaikan dan mengoreksi kesalahan dengan santun di kolom komentar! Terus dapatkan informasi lainnya di Berita Terkini, ya! (AA)