News
·
30 Juli 2021 18:22
·
waktu baca 1 menit

Sifat Umar Bin Khattab yang Dijuluki Singa Padang Pasir

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Sifat Umar Bin Khattab yang Dijuluki Singa Padang Pasir (92853)
searchPerbesar
Ilustrasi sifat Umar bin Khattab dengan julukan singa padang pasir. Foto: dok. https://www.pexels.com/
Dijuluki singa padang pasir, Umar bin Khattab memiliki sifat dan perawakan yang mendukungnya menyandang gelar tersebut. Bagaimana sifat Umar bin Khattab? Mari simak ulasan singkat mengenai Umar bin Khattab berikut ini.
ADVERTISEMENT

Sifat Umar bin Khattab dengan Julukannya Sebagai Singa Padang Pasir

Semasa hidupnya, Nabi Muhammad diliputi oleh sahabat yang dipercaya dapat membantu Nabi dalam melakukan dakwah kepada seluruh golongan manusia. Salah satu sahabat terbaik yang dipercayai Nabi adalah Umar bin Khattab. Beliau merupakan sosok yang dikenal karena keberaniannya dan juga memiliki kemampuan memimpin yang baik.
Inilah yang membuat Umar bin Khattab menyandang beberapa julukan yang menjelaskan bagaimana sifat yang dimilikinya, salah satu julukan yang terkenal adalah singa padang pasir.
Dalam buku berjudul Umar bin Khattab RA karya Abdul Syukur al-Azizi (2021:29) menyebutkan bahwa berkat keberaniannya, Umar bin Khattab dijuluki singa padang pasir oleh suku-suku Arab. tak hanya itu, Umar bin Khattab juga memperoleh julukan lainnya seperti Al Faruq yang berarti pembeda antara yang haq dan yang bathil, dan julukan Abu Faiz berkat kecerdikannya dalam berdiplomasi.
Sifat Umar Bin Khattab yang Dijuluki Singa Padang Pasir (92854)
searchPerbesar
Ilustrasi sifat Umar bin Khattab dengan julukan singa padang pasir. Foto: dok. https://www.pexels.com/
Umar bin Khattab juga memiliki berbagai sifat terpuji lainnya yang disebutkan dalam buku Calak Edu 1: Esai-esai Pendidikan 2008-2012 yang disusun oleh Ahmad Boedawi (2012:188) yang menyebutkan bahwa dalam sejarah, Khalifah Umar terkenal memiliki sikap dan sifat tegas, pemberani, cerdas, kreatif, baik hati dan jujur.
ADVERTISEMENT
Sifat Umar juga disebutkan dalam salah satu hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari berikut ini:

أُرِيتُ فِى الْمَنَامِ أَنِّى أَنْزِعُ بِدَلْوِ بَكْرَةٍ عَلَى قَلِيبٍ ، فَجَاءَ أَبُو بَكْرٍ فَنَزَعَ ذَنُوبًا أَوْ ذَنُوبَيْنِ نَزْعًا ضَعِيفًا ، وَاللَّهُ يَغْفِرُ لَهُ ، ثُمَّ جَاءَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ فَاسْتَحَالَتْ غَرْبًا ، فَلَمْ أَرَ عَبْقَرِيًّا يَفْرِى فَرِيَّهُ حَتَّى رَوِىَ النَّاسُ وَضَرَبُوا بِعَطَنٍ

Artinya: “Aku bermimpi sedang mengulurkan timba ke dalam sebuah sumur yang ditarik dengan penggerek. Datanglah Abu Bakar mengambil air dari sumur tersebut satu atau dua timba dan dia terlihat begitu lemah menarik timba tersebut, -semoga Allah Ta’ala mengampuninya-. Setelah itu datanglah Umar bin al-Khattab mengambil air sebanyak-banyaknya. Aku tidak pernah melihat seorang pemimpin abqari (pemimpin yang begitu kuat) yang begitu gesit, sehingga setiap orang bisa minum sepuasnya dan juga memberikan minuman tersebut untuk onta-onta mereka.” (HR. Bukhari, no. 3682)

ADVERTISEMENT
Pemaparan mengenai sifat Umar bin Khattab dan julukan yang dimilikinya dapat Anda ketahui untuk menambah ilmu pengetahuan agama Anda, khususnya tentang sahabat Nabi. (DAP)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white