Sinonim dan Antonim Detail dalam Bahasa Indonesia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
21 Maret 2023 19:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Antonim Detail, sumber foto (Andrea Piacquadio) by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Antonim Detail, sumber foto (Andrea Piacquadio) by pexels.com
ADVERTISEMENT
Apa sinonim dan antonim detail dalam Bahasa Indonesia? Kata ini tentu sudah tidak asing di kalangan masyarakat Indonesia. Detail adalah sebuah ungkapan yang diucapkan ketika kita ingin menyebutkan sesuatu yang bersifat rinci, jelas, dan lugas.
ADVERTISEMENT
Memahami istilah antonim dan sinonim dari suatu kata sangat penting karena dapat meningkatkan wawasan bahasa kita. Apalagi, Bahasa Indonesia adalah bahasa yang kaya, sehingga perlu dieksplor lebih jauh oleh para penuturnya.
Perlu diketahui bahwa Bahasa Indonesia memiliki lebih dari 91 ribu kosakata dan jumlah penutur sebanyak lebih dari 300 juta jiwa. Adapun antonim dan sinonim kata detail akan dijelaskan lebih lanjut di artikel ini.

Sinonim Detail dalam Bahasa Indonesia

Ilustrasi Antonim Detail, sumber foto (Tranmautritam) by pexels.com
Mengutip buku Kamus Lengkap Sinonim Antonim Bahasa Indonesia oleh Miftah Fauzi (2014), Bahasa Indonesia memiliki banyak sinonim dan antonim yang sangat banyak. Namun, sayangnya perbendaharaan kata setiap orang berbeda-beda. Lebih ironisnya lagi, khazanah kosakata yang kita miliki masih sangat sedikit.
ADVERTISEMENT
Sebelum mengetahui antonim detail, alangkah lebih baik jika memahami pengertian dan sinonim dari kata tersebut terlebih dahulu.
Arti kata detail dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bagian yang kecil-kecil (yang sangat terperinci); segala hal-ihwal. Dalam pengertian yang lebih luas, detail merupakan penjelasan tentang suatu topik secara mendalam yang dibuat secara terperinci, logis dan padat informasi.
Adapun sinonim detail yakni sebagai berikut:
● Uraian, deskripsi, eksplanasi, eksplikasi
● Eksposisi, elaborasi, klarifikasi
● Paparan, penjabaran, penjelasan, perincian
● Pertelaan, syarah, tafsir
● Spesifikasi, penajaman, pengkhususan

Antonim Detail

Antonim adalah kebalikan dari kata sinonim. Jika sinonim berisi tentang suatu kata yang memiliki makna sama, lain halnya dengan antonim yang menggambarkan tentang suatu kata yang memiliki makna bertolak belakang atau bertentangan. Adapun antonim kata detail adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
● Teledor, abai, alpa
● Sembarangan, sembrono, serampangan
● Gegabah, lalai, lengah
● Silap mata, slebor
● Durjana, konyol, leler
● Risau, rusuh, ugal-ugalan
● Berandalan, bergajulan, dugal
● Acak-Acakan, awut-Awutan
● Silap Hati, jantur, sulap
● Silau, Gelap Mata, Hilang Ingatan
● Kalap, keselapan, lupa diri
● Seenaknya, sembarang, serabutan
Sinonim dan antonim detail yang dibahas di atas bisa dijadikan acuan untuk menambah kosakata Anda. Dengan begitu, khazanah Bahasa Indonesia Anda bisa lebih meningkat. (DLA)