Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 159 Bagian B

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
24 Oktober 2023 20:43 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 159 bagian B, sumber foto: unsplash.com/Shantanu Kumar
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 159 bagian B, sumber foto: unsplash.com/Shantanu Kumar
ADVERTISEMENT
Mengerjakan soal kemudian melihat kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 159 bagian B untuk melakukan evaluasi adalah salah satu metode belajar yang bisa diterapkan di rumah. Metode belajar ini memiliki tingkat efektivitas yang lebih baik dari metode lainnya.
ADVERTISEMENT
Mengapa demikian? Salah satu alasannya karena dengan mengerjakan soal maka siswa bisa menerapkan secara langsung konsep yang sudah dipelajari ke dalam soal. Selain itu, juga melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.

Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 159 Bagian B untuk Panduan Belajar

Ilustrasi kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 159 bagian B, sumber foto: unsplash.com/Aaron Burden
Pelajaran IPA terbagi menjadi beberapa topik atau materi. Salah satu materi yang dipelajari di kelas 9 adalah pewarisan sifat. Seperti diketahui bersama bahwa anak pastinya akan mewarisi sebagian sifat dari orang tuanya.
Dikutip dari buku Buku Siswa IPA Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018, Kemendikbud (2018: 159) pewarisan sifat sangat berguna dalam kehidupan. Hal ini karena bisa mengetahui kemungkinan keturunan yang akan dihasilkan.
ADVERTISEMENT
Supaya lebih memahami materi ini, siswa dapat mengerjakan soal kemudian mencocokkan dengan kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 159 bagian B berikut ini.
B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!
1. Buah 1 memiliki genotipe BB dengan bentuk buah bulat, sementara buah 2 memiliki genotipe bb dengan bentuk buah lonjong.
a. Apabila kedua buah tersebut disilangkan, tentukanlah kombinasi gen antara buah 1 dan buah 2 menggunakan tabel Punnet!
Jawaban: Bb, Bb, Bb, Bb
b. Apabila gen B dominan terhadap gen b, maka tentukan fenotipe dari hasil kombinasi gen yang kamu lakukan!
Jawaban: F1 berbentuk bulat semua (Bb)
2. Seorang perempuan dengan genotipe XhX pembawa sifat hemofili, menikah dengan seorang laki-laki hemofili dengan genotipe XhY. Tentukan jumlah anak yang hidup dan anak yang mati!
ADVERTISEMENT
Jawaban:
3. Kacang biji bulat warna kuning dengan genotipe BBKK disilangkan dengan kacang biji lonjong warna hijau dengan genotipe bbkk, jika bulat-kuning dominan terhadap lonjong-hijau tentukan:
a. F1
Jawaban: Genotipe Parental: BBKK x bbkk
Fenotipe Parental: biji bulat warna kuning ; biji lonjong warna hijau
Gamet 1: BK ; bk
Filial 1: BbKk
Fenotipe F1: Bulat kuning (heterozigot)
b. F2, jika F1 disilangkan sesamanya
Jawaban: F2, jika F1 disilangkan sesamanya
Persilangan F1: BbKk x BbKk
Gamet 2: BK, Bk, bK, bk ; BK, Bk, bK, bk
ADVERTISEMENT
Filial
Bulat kuning : bulat hijau : keriput kuning : keriput hijau = 9 : 3 : 3 : 1
4. Pemuliaan tanaman bertujuan untuk menyiapkan bibit tanaman unggul. Apa saja tujuan dari penyiapan bibit tanaman unggul?
Jawaban:
5. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia. Ketika masih muda ada seseorang yang diambil ginjalnya karena suatu penyakit. Kemudian orang tersebut mempunyai anak.
a. Berapakah jumlah ginjal yang dimiliki anaknya saat dilahirkan?
Jawaban: Anak tersebut tetap memiliki dua ginjal
b. Jelaskan jawabanmu!
Jawaban: Meskipun organ ginjal seseorang diambil dari tubuhnya, susunan genetik dalam tubuhnya tetap, termasuk gen-gen pengode pembentukan ginjal pada sel-sel sperma maupun sel ovum.
ADVERTISEMENT
Saat kedua orang tersebut menikah, maka gen-gen pengode ginjal dari kedua orang tuanya juga akan dimiliki oleh embrio. Selama embrio berkembang, gen-gen tersebut diekspresikan atau diwujudkan sehingga terbentuklah ginjal dalam jumlah yang normal yaitu 2.
Itulah pemaparan mengenai soal dan kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 159 bagian B yang bisa digunakan untuk panduan belajar mandiri di rumah. (WWN)