News
·
9 Maret 2021 10:54

Struktur Teks Laporan Percobaan yang Baik dan Benar

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Struktur Teks Laporan Percobaan yang Baik dan Benar (140816)
Ilustrasi Memeriksa Struktur Teks Laporan Percobaan. Sumber: Vlada Karpovich-Pexels.com
Kamu bisa buat laporan percobaan dengan mudah ketika sudah memahami struktur teks laporan percobaan yang baik dan benar. Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi tentang laporan kegiatan percobaan mulai dari rumusan tujuan sampai pada kegiatan penyimpulan (Wibowo, 2021: 18).
ADVERTISEMENT

Struktur Teks Laporan Percobaan

Layaknya penyusunan jenis teks, teks laporan percobaan pun harus disusun sesuai dengan strukturnya. Berikut ini adalah struktur teks laporan percobaan yang bisa kamu terapkan untuk membuat laporan.
  1. Pendahuluan. Pada bagian ini kamu harus menjelaskan latar belakang melakukan percobaan, rumusan masalah, hingga tujuan dari melakukan percobaan.
  2. Kajian pustaka atau landasan teori yang berisi tentang teori-teori yang menjadi dasar untuk kamu melakukan percobaan. Teori tersebut bisa untuk memperkuat argumentasi kamu atau untuk kamu uji kebenarannya.
  3. Metode atau prosedur yang berisi tentang cara-cara kamu dalam memperoleh data percobaan. Pada bagian ini penting adanya keterangan tempat, waktu, serta objek percobaan.
  4. Hasil percobaan yang berisi tentang paparan dari hasil percobaan yang telah diperoleh. Pemaparan dapat menggunakan tabel dan/atau paragraf deskriptif.
  5. Kesimpulan ini diperoleh dengan cara menganalisis hasil percobaan dengan teori yang digunakan serta menjawab rumusan masalah yang tercantum pada pendahuluan.
ADVERTISEMENT
Setelah memahami lima struktur teks laporan percobaan tersebut, kamu perlu melakukan hal-hal berikut ini agar percobaan yang kamu lakukan berhasil.
  • Tentukan objek yang akan diteliti dan teori yang sesuai.
  • Tentukan tujuan percobaan yang baik. Kamu bisa memilih tujuan seperti membuktikan teori yang sudah ada, menyelesaikan permasalahan yang ada, atau membuat inovasi baru.
  • Berusaha fokus pada tujuan, tapi tetap terbuka terhadap masukkan dari guru atau dosen yang membimbingmu.
  • Perbanyaklah membaca literatur yang terkait dengan percobaanmu.
Semoga berhasil dalam melakukan percobaan dan penyusunan laporan. Yuk, semangat menghasilkan karya walau di tengah pandemi yang belum kunjung usai! (AA)