Konten dari Pengguna

Surel: Nama Lain, Pengertian, dan Cara Membuatnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
27 April 2024 18:45 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Surel adalah nama lain. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Tatiana Syrikova
zoom-in-whitePerbesar
Surel adalah nama lain. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Tatiana Syrikova
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada era digital ini, surel atau yang biasa dikenal dengan istilah electronic mail telah menjadi salah satu bentuk komunikasi yang paling umum dan efisien. Perlu diketahui juga surel adalah nama lain email.
ADVERTISEMENT
Surel dapat membuat pengguna untuk mengirim dan menerima pesan secara instan melalui jaringan komputer, mirip dengan surat tradisional yang dikirim melalui pos, namun dengan cara yang lebih cepat dan efisien.

Surel: Nama Lain, Pengertian, dan Cara Membuatnya

Surel adalah nama lain. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Ketut Subiyanto
Mengutip dari buku Kreatif Informatika Kelas IV untuk SD/MI, Novi Setiani dan Tina Yuliani Ayuningsih, (2019), surel adalah nama lain surat elektronik. Dengan menggunakan surel, seseorang dapat mengirim pesan ke orang yang jauh.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), surel dijelaskan sebagai pesan yang dikirim melalui jaringan komputer, yang mirip dengan surat yang dikirim melalui pos, tetapi dikirim dan diterima melalui internet.
Pengguna juga dapat melampirkan file, seperti dokumen, gambar, atau video, ke dalam pesan surel yang dikirim untuk memperkaya konten pesan. Untuk membuat surel menggunakan layanan Gmail, berikut adalah langkah-langkahnya.
ADVERTISEMENT

1. Buka Gmail

Pertama, buka peramban web dan akses Gmail dengan masuk ke akun Google. Jika belum memiliki akun Google, dapat membuatnya dengan mengikuti langkah-langkah pendaftaran yang disediakan.

2. Klik Tombol "Compose"

Setelah masuk ke akun Gmail, akan melihat tombol "Compose" (atau "Tulis Pesan" dalam bahasa Indonesia) di bagian kiri atas layar. Klik tombol ini untuk memulai membuat pesan baru.

3. Alamat Penerima

Di jendela "Compose Mail" yang muncul, masukkan alamat email penerima di kolom "To". Bisa juga dapat menambahkan lebih dari satu alamat email dengan memisahkan masing-masing alamat dengan koma.

4. Subjek Pesan (Opsional)

Di kolom "Subject" (Judul), masukkan judul atau ringkasan dari isi pesan. Ini adalah bagian opsional, tetapi disarankan untuk membantu penerima memahami isi pesan.

5. Tulis Isi Pesan

Di area "Message" (Pesan), tuliskan pesan yang ingin sampaikan kepada penerima. Gunakan fitur formatting yang tersedia (seperti bold, italic, atau bullet points) untuk mengatur teks pesan sesuai kebutuhan.
ADVERTISEMENT

6. Kirim Pesan

Setelah selesai menulis pesan dan melampirkan file (jika ada), pastikan untuk memeriksa kembali pesan. Setelah yakin, klik tombol "Send" (Kirim) yang terletak di sudut kanan bawah jendela "Compose Mail". Pesan akan segera dikirim kepada penerima.
Jadi, surel adalah nama lain dari surat elektronik. Dengan menggunakan layanan surel email, seseorang dapat dengan mudah membuat dan mengirim pesan dengan cepat dan efisien, meningkatkan produktivitas dan efektivitas komunikasi. (RIZ)